Thursday, 16 August, 2018 - 05:17

Zero Poverty, Setiap Warga Miskin Dibekali Tabungan Rp500 Ribu

Palu, Metrosulawesi.com - Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Palu, Sudaryano Lamangkona mengatakan salah satu program Zero Poverty yang segera diluncurkan adalah membekali setiap warga miskin yang dianggap layak mendapat bantuan sebesar Rp500 ribu dalam bentuk tabungan. Rekening tabungan rencananya akan dibuka di Bank Sulteng. Hal itu dikatakan Sudaryano Lamangkona kepada Metrosulawesi.com, di sela-sela Charity Nite Peduli Dhuafa KNPI Kota Palu di Raego Cafe, Jumat malam (21/02/2014).

Menurut Sudaryano, tabungan itu nantinya hanya bisa ditarik sebesar Rp450 ribu, siasanya Rp50 ribu menjadi simpanan dan hanya bisa diambil setelah genap satu tahun. Kalau dana tersebut akan dipakai untuk berusaha misalnya berdagang, maka saranaa akan dibantu. Dengan demikian program tersebut bisa menciptakan enterpreneur kecil-kecilan.

“Dalam praktiknya nanti, pemilik rekening tidak perlu mendatangi bank untuk menarik dana. Tetapi pihak bank yang mendatangi masyarakat. Bisa disiasati hari-hari pasar, di mana masyarakat terkumpul. Transaksi cukup dilakukan di pasar,” ujar Ano mencontohkan.

Charity Nite Peduli Dhuafa sengaja dihelat KNPI Kota Palu sebagai upaya mendukung program pemerintah Kota Palu dalam menekan angka kemiskinan, bahkan sampai membebaskan Kota Palu dari kemiskinan.