Thursday, 20 September, 2018 - 02:28

Menunggu Penyerahan Aset

Palu, Metrosulawesi.com - Direktur Utama PT Pembangunan Sulawesi Tengah, Ichsan Loulembah menyatakan PT Pembangunan Sulawesi Tengah belum bisa 'bergerak' karena masih harus menunggu penyerahan aset dan modal kerja dari Pemerintah Propinsi Sulawesi Tengah. Pemerintah propinsi merupakan pemilik saham kendali di perusahaan yang dulunya bernama Perusahaan Daerah (Perusda). 

Menurut Ichsan Loulembah, secara umum posisi PT Pembangunan Sulawesi Tengah siap bergerak dan menggalang investasi sesuai dengan tujuan pendiriannya. 

"Kami sudah melakukan lobi-lobi dan pertemuan dengan berbagai kalanga yang berminat atau masih sekadar melakukan penjajakan bisnis," ujar Ichsan Loulembah lagi. 

Soal modal awal, kata Ichsan, tentunya dari APBD Sulawesi Tengah melalui persetujuan DPRD Sulawesi Tengah. 

"Insya Allah untuk permodalan PT Pembangunan Sulawesi Tengah akan mendapat porsi di APBD propinsi. Untuk besarannya, mungkin tiga kali lipat dari modal awal bagi perusahaan daerah yang dimiliki kabupaten atau kota. Katakanlah perusda kabupaten atau kota dimodali lima miliar rupiah, maka untuk PT Pembangunan Sulawesi Tengah tiga kali lipat dari nilai tersebut," kata Ichsan. 

Modal awal tersebut nantinya akan dipergunakan sebagai belanja operasional kantor dan direksi serta komisaris. 

Sektor usaha yang nantinya akan dikembangkan PT Pembangunan Sulawesi Tengah terutama bidang pertambangan, pertanian, perikanan dan bidang lainnya yang potensial.