Wednesday, 16 August, 2017 - 23:27

Demi kenyamanan Berkendara, Motor Butuh Perawatan Lebih

sebuah mesin sepeda motor tengah diservice oleh salah seorang mekanik, karena tidak bisa dinyalakan, disebabkan pelumas yang kurang diperhatikan.(Foto: Tahmil) sebuah mesin sepeda motor tengah diservice oleh salah seorang mekanik, karena tidak bisa dinyalakan, disebabkan pelumas yang kurang diperhatikan.(Foto: Tahmil)

Palu, MetroSulteng.com - Kendaraan yang digunakan dalam ber-transportasi setiap hari, sepertinya telah menjadi kebutuhan dan teman dekat masyarakat, khususnya sepeda motor, sehingga kebutuhan perawatannya pun menjadi sangat penting. Dengan berkembangnya zaman yang semakin modern dan kebutuhan hidup masyarakat luas dalam bertransportasi demi untuk mempersingkat waktu dalam perjalanan, sehingga kendaraan bermotor pun menjadi sangat penting. Namun, kendaraan yang sehari harinya masyarakat gunakan bukanlah mesin tanpa resiko kerusakan, sehingga perawatannya pun menjadi sangat penting. Berbagai masalah yang kadang menghampiri kendaraan yang sehari-harinya digunakan biasanya berawal dari kurangnya perawatan dari sang pemilik. Untuk mengurangi resiko kerusakan pada kendaraan, khususnya sepeda motor, yang sangat penting adalah perawatan bagian mesin yang menjadi poros penggerak kendaraan. Salah seorang mekanik di sebuah bengkel umum di Kota Palu, Aldy, kepada MetroSulteng mengatakan bahwa sepeda motor yang mesinnya kurang perawatan akan mudah menemui masalah, bahkan bisa jadi sepeda motor tersebut tidak dapat dinyalakan. “Kalau tidak diganti ganti olinya, bisa bisa motor takancing,” kata dia, jumat (25\4). Hal hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan, sepeda motor harus selalu mendapatkan pengantian oli, sebagai pelumas mesin secara teratur, setiap 1000 KM atau sebulan sekali. Membersihkan bagian bagian dalam mesin motor, atau yang sering disebut service ringan. Bagian karburator, busi, rem dan memperhatikan tekanan angin pun menjadi bagian dari perawatan, agar kenyamanan dan keamanan dalam berkendara menjadi terjamin. Berdasarkan pantauan MetroSulteng.com, di Kota Palu hampir seluruh masyarakat telah memiliki kendaraan beroda dua tersebut, namun masih banyak masyarakat yang tidak tahu persis cara merawat sepeda motor tersebut. Di Kota Palu sendiri, bengkel-bengkel umum untuk sepeda motor telah meluas, bak jamur di musim hujan, sehingga untuk mendapatkan pelayanan perawatan motor bisa sangat mudah didapatkan, ditambah lagi bengkel bengkel resmi setiap jenis motor juga telah banyak dibuka di Kota Palu. Laporan: Tahmil
Tags: 
Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.