Sunday, 28 May, 2017 - 18:30

10 Ha Lahan Tidur di Tojo Barat

Anggota Komisi III DPRD Sulawesi Tengah, Suprapto Dg Situru disambut secara adat oleh masyarakat Desa Kabalo, Kecamatan Tojo Barat Kabupaten Touna saat melakukan reses. (Foto : Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Reses anggota DPRD Sulawesi Tengah yang dilaksanakan April 2017 memunculkan banyak harapan dari masyarakat khususnya yang berkaitan dengan mata pencaharian masyarakat.

Anggota Komisi III, Suprapto Dg Situru yang menggelar reses di wilayah Kabupaten Tojo Una-una (Touna) mengakui sejumlah kebutuhan dasar masyarakat sangat mendesak untuk segera diperbaiki, diantaranya 10 hektar (ha) sawah produktif menjadi lahan tidur karena tidak bisa digarap.

Suprapto belum lama ini mengatakan, masyarakat Desa Kabalo, Kecamatan Tojo Barat meminta kepada pemerintah melalui anggota dewan untuk melakukan abrasi pantai mengingat 10 ha lahan sawah tidak bisa digarap akibat masuknya air laut saat terjadi pasang dan gelombang besar.

“Hanya dengan abrasi pantai masyarakat bisa menggarap kembali lahan mereka. Dengan luas lahan 10 ha jumlah beras yang dihasilkan cukup besar, dan itu membantu masyarakat meningkatkan taraf hidup mereka,” kata Suprapto.

Selama melaksanakan reses di Kabupaten Touna, banyak aspirasi masyarakat yang disampaikan kepada Ketua DPD PAN Touna itu, termasuk permintaan normalisasi sungai, permintaan perbaikan jalan menuju lokasi pramuka, permintaan rumah ibadah baik masjid maupun gereja.

“Masyarakat juga mengharapkan bantuan hewan ternak seperti kambing dan sapi. Bukan hanya itu, bantuan bibit ikan lele, ikan nila dan ikan mujair juga disampaikan kepada kami,” ujar Suprapto sembari menambahkan masyarakat juga membutuhkan mesin paras dan mesin perontok padi.

Sebagai representative masyarakat Touna, Suprapto menyampaikan berupaya mewujudkan harapan masyarakat tersebut, apalagi aspirasi masyarakat dibeberapa titik reses merupakan kebutuhan dasar yang sifatnya memberikan penambahan penghasilan masyarakat.

“Saya akan memperjuangkan harapan masyarakat itu dengan membangun komunikasi bersama pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, tentunya melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait,” kata pria berkacamata ini.

Selama melaksanakan reses di Touna, sejumlah titik yang menjadi lokasi pertemuan dengan warga diantaranya Kecamatan Tojo Barat Desa Kabalo dan Desa Galuga, Kecamatan Ampana Tete di Desa Balanggala, dan Dusun Swakarsa Mandiri Desa Batu.


Editor : Udin Salim

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.