Wednesday, 29 March, 2017 - 05:51

150 Kades di Donggala Bakal Studi Banding ke Jakarta

ILUSTRASI - Bupati Donggala, Kasman Lassa berencana membawa 150 kepala desa (Kades) di wilayahnya untuk studi banding ke Jakarta. (Grafis : Metrosulawesi)

Donggala, Metrosulawesi.com - Bupati Donggala, Kasman Lassa, tahun ini berencana membawa 150 kepala desa (Kades) di wilayahnya untuk studi banding ke Jakarta. Harapannya, dengan kegiatan itu, para kades bisa memiliki wawasan yang luas.

Kasman mengatakan, ke-150 kades itu akan dibawa studi banding ke Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi serta Kementerian Pertanian.

“Semua kepala desa di Donggala harus belajar, agar kualitas sumber dayanya membangun desa bisa maksimal,” katanya, Jumat 17 Maret 2017.

Di dua kementerian itu kata Kasman, dia berharap kepala-kepala desa itu akan mendapatkan pencerahan langsung dari menteri. Kasman mengaku sudah berkoordinasi dengan kedua kementerian itu untuk membawa kepala-kepala desa itu studi banding.

“Mereka menyambut baik rencana itu. Mereka senang kalau ada kepala desa yang ingin bertemu ingin mendapat penjelasan langsung mengenai pengelolaan dana desa dari APBN dan pembelajaran tentang pertanian," kata Kasman.

Terkait dengan pembiayaan, Kasman mengaku biaya yang akan digunakan untuk studi banding ke Jakarta akan diambil dari dana alokasi dana desa (ADD) yang berasal dari APBD Kabupaten Donggala.

Di Kementerian Desa kata Kasman, kepala-kepala desa itu akan mendapat pengarahan langsung, bagaimana cara pengelolaan dana desa untuk membangun desa. Sedangkan di Kementerian Pertanian, mereka akan mendapat wawasan bagaimana cara mengembangkan pertanian sebagai kekuatan ekonomi desa. (*)

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.