Monday, 22 January, 2018 - 10:18

16 Tahun Buol Menuju Kabupaten Sejahtera

Pesawat Wings Air mendarat di Bandara Pogogul Buol. (Foto : Agus Rioeh)

“Pemda dan seluruh masyarakat Buol  sangat antusias dengan dibukanya penerbangan komersial di Bandara Pogogul,” - Amirudin Rauf, Bupati Buol -

Penerbangan Perdana Wings Air Buol-Palu-Makassar-Jakarta Dibuka

Buol, Metrosulawesi.com - Bupati Buol Amirudin Rauf menghadiri penerbangan perdana maskapai Wings Air di Bandara Pogogul, Kabupaten Buol, dengan rute Buol-Palu-Makassar-Surabaya dan Jakarta, Minggu (11/10/2015). Penerbangan perdana tersebut sebagai kado dari Dirjen Perhubungan Udara Kementrian Perhubungan RI untuk Kabupaten Buol yang akan merayakan HUT Buol ke-16 yang jatuh Senin, 12 Oktober 2015.

Bupati Buol Amiruddin Rauf mengatakan, Pemda dan seluruh masyarakat Buol sangat antusias dengan dibukanya penerbangan komersial di Bandara Pogogul. Olehnya, atas nama masyarakat, bupati  mengucapkan terima kasih kepada  Dirjen Perhubungan Udara Kementrian Perhubungan RI yang telah mengizinkan penerbangan komersial.

“Karena dengan demikian, sudah banyak pilihan masyarakat untuk transportasi baik udara, darat, dan laut yang digunakan oleh mereka, ini juga akan meningkatkan ekonomi masyarakat menuju Kbaupaten Buol lebih sejahtera,” kata bupati yang didampingi anggota komisi I DPRD Buol Ismail Domut kepada Metrosulawesi baru-baru ini.

Secara terpisah, Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Pemda Buol Mansur Hentu dan Kepala Bandara Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas III Pogogul Buol Junjungan Simanjuntak mengatakan, penerbangan perdana Wings Air di Bandara Pogogul pada Minggu, 11 Oktober 2015,  sekaligus melayani penerbangan  komersial untuk masyarakat umum.

“Oleh karena itu, penerbangan Wings Air ini juga akan berlangsung secara terus menerus sesuai jadwal penerbangan nantinya,” kata Junjungan Simanjuntak. 

Dia menambahkan, pesawat Wings Air yang berkapasitas 50 orang tersebut direncanakan akan mendarat Minggu siang pukul 12.00 Wita dari Gorontalo ke di Buol.

Setelah pesawat bermalam Bandara Pogogul. Esok harinya, Senin 12 Oktober 2015, pesawat terbang perdana dari Bandara Pogogul pukul 06.00 Wita  menuju Bandara Mutiara Sis-Aljufri Palu dengan lama penerbangan 1 jam.

“Keberangkatan Wings Air dari Buol menuju Palu diambil pagi hari pukul 06.00 Wita, agar dapat conek antara pemberangkatan dari Buol menuju Palu, dengan pesawat yang menuju Makassar, Balikpapan, Surabaya, dan Jakarta dan tidak terlalu lama lagi menunggu di Bandara Mutiara Palu,” kata Junjungan Simanjuntak. 

Selanjutnya, jadwal penerbangan pesawat komersial di Bandara Pogogul Buol akan  berjalan setiap hari. Pesawat dari Palu-Buol berangkat setiap hari Selasa, Kamis, Sabtu, dan Minggu, terbang pukul 14.40 Wita. Sementara keberangkatan dari Buol-Palu setiap hari Minggu, Senin, Rabu dan Jum’at pada pukul 06.00 Wita.

Junjungan menambahkan, untuk peningkatan Bandara Pogogul, panjang landasan pacu yang saat ini 1.373 meter  yang sudah dapat didarati  pesawat ATR 72. Pada tahun 2016, panjang landasan  akan  ditambah 127 meter. Sehingga seluruhnya panjang bandara bisa mencapai 1.500 meter.

“Begitu pula diupayakan pelayanan publik di bandara, akan dilaksanakan semaksimal mungkin berupa pembenahan terminal, ruang tunggu penumpang, tempat parkir, dan fasilitas lainnya yang mendukung sebagaimana suatu bandara,” tuturnya.  

Sedangkan sarana informasi juga akan disiapkan beserta sarana-sarana lainnya, seperti keselamatan penerbangan, sarana dan prasarana yang akan lebih ditingkatkan.

Menyinggung masalah penerbangan perintis Aviastar yang setiap hari Selasa dan Jum’at menyinggahi Bandara Pogogul, Junjungan mengatakan, akibat musibah kecelakaan penerbangan Aviastar dari Masamba, Sulawesi Selatan, maka untuk sementara waktu penerbangan Aviastar belum dioperasikan sambil menunggu investigasi dari Kementrian Perhubungan RI, maupun instansi terkait yang belum dapat ditentukan waktunya.

 

Editor : Subandi Arya

Tags: 
Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.