Saturday, 27 May, 2017 - 10:46

17 RS/Klinik di Sulteng Siap Rehabilitasi Narkoba

Kombes Pol Tagam Sinaga (kiri) saat serah terima jabatan sebagai Kepala BNNP Sulteng. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulteng kembali mengingatkan masyarakat setempat yang ingin mendapatkan pelayanan rehabilitasi penyalahguna narkoba dapat mengunjungi 17 Rumah sakit (RS)/klinik di beberapa kabupaten/kota di daerah itu.

“Mari kita ajak keluarga, tetangga dan masyarakat yang menjadi pencandu narkoba agar direhabilitasi,” kata Kepala BNNP Sulteng Kombes Pol Tagam Sinaga saat membuka sosialisasi program rehabilitasi dan pasca rehabilitasi di Palu, Kamis, 9 Maret 2017.

Saat ini di Sulawesi Tengah ada 16 RS dan satu klinik yang siap melayani pencandu narkoba untuk direhabilitasi bekerjasama dengan BNNP. Dari jumlah itu, empat RS dan satu klinik berada di Kota Palu yaitu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Madani, RSUD Undata, RSU Anutapura, dan RS Bhayangkara serta Klinik Mosipakabelo BNNP Sulteng di Komplek Ex STQ Jabal Nur Palu.

Sementara untuk kabupaten-kabupaten berada di RSUD Kabelota Donggala, RSU Anutalako Parigi Moutong dan RSUD Raja Tombolotutu, RSUD Poso, RSU Ampana Tojo Unauna dan RSUD Wakai. RSUD Luwuk Banggai, RSUD Trikora Salakan Banggai Kepulauan, RSU Mokopido Tolitoli, RSUD Buol, RSUD Morowali dan RSUD Kolonodale Morowali Utara.

Tim Rehabilitasi BNNP Sulteng menjelaskan rehabilitasi  merupakan suatu proses pemulihan pada ketergantungan Narkotika (pecandu) secara komperehensif meliputi aspek psikososial dan spritual. Dengan direhabilitasi akan mengubah prilaku pecandu kearah positif untuk hidup sehat dan meningkatkan kontrol emosi yang lebih baik, sehingga terhindar dari masalah hukum.

“Peningkatan penyalahguna narkoba harus diimbangi dengan kualitas pelayanan rehabilitasi sesuai Perundang-undangan. Dengan kegiatan sosialisasi ini, saya harapkan mendorong masayarakat agar melaporkan diri kelembaga-lembaga yang bekerjasama dengan BNN yang ada di Sulawesi Tengah untuk mendapatkan layanan rehabilitasi dan pasca rehabilitasi,” tandas Kepala BNNP Sulteng.


Editor : M Yusuf BJ

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.