Monday, 23 July, 2018 - 14:06

1994 CJH Sulteng Telah Lunasi BPIH

Abdul Haris. (Foto: Dok Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.com - Kepala Seksi Sistem Informasi Haji, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah, Abdul Haris mengungkapkan calon jamaah haji yang telah melunasi Biaya Penyelengaraan Ibadah Haji (BPIH) pada tahap pertama sebanyak 1795 orang.

“Karena kuota untuk Sulteng sebanyak 2000 dikurangi Tim Pembimbing Haji Daerah (TPHD) 14 orang, maka yang belum melunasi di tahap pertama sekitar 191 orang, ditambah TPHD jumlahnya semua menjadi 205 orang,” kata Haris di Palu, Rabu, 30 Mei 2018.

Haris menjelaskan, setelah selesai pelunasan tahap pertama, kembali dibuka untuk pelunasan tahap kedua.

“Ditahap kedua ada jamaah haji yang gagal sistem sekitar 8 orang terdiri dari lansia, penggabungan mahram dan beberapa jamaah cadangan, maka sekitar 199 orang yang sudah melunasi di tahap kedua, dari jumlah 205 orang pada tahap pertama,” katanya.

Maka kata Haris, jamaah yang sudah melunasi dari tahap pertama dan tahap kedua jika ditotalkan semuanya 1994 orang.

“Jadi sisanya ada 6 orang yang belum melunasi BPIH, dikarenakan tidak istita'ah dan memang tidak mau melunasi atau belum ada kabar, sehingga 6 jamaah ini akan digantikan dengan jamaah cadangan,” ujarnya.

Haris mengimbau kepada jamaah yang telah melunasi agar dapat menjaga kesehatan, jika perlu diperiksa kembali kesehatannya, agar pelaksanaan haji bisa dilaksanakan dalam keadaan sehat walafiat.

“Sementara itu untuk Sulteng ada empat kloter yang telah ditentukan, kami itu masuk Kloter 5,6,7,8, sehingga diperkirakan jamaah haji masuk di Asrama Haji Palu pada 30 Juli 2018,” katanya.

Setelah itu kata Haris, para jamaah melewati pemeriksanaan di Asrama Haji Palu selama satu hari, dan besoknya langsung berangkat ke Embarkasi Balikpapan dengan bermalam selama satu hari, setelah itu langsung berangkat ke tanah suci.


Editor: M Yusuf Bj