Tuesday, 22 May, 2018 - 04:18

200 Siswa SMU di Poso Dilatih PKS

DILATIH PKS - Suasana pelatihan 200 Pelajar SMU di halaman Mapolres Poso. (Foto : Ist)

Poso, Metrosulawesi.com - Unit Pendidikan Dan Rekayasa (Dikyasa )Satuan Lalu Lintas Polres Poso, Rabu 9 November menggelar pelatihan Patroli Keamanan Sekolah (PKS). Kegiatan PKS yang melibatkan 200 pelajar peserta dari perwakilan 15 SMA sederajat se-kabupaten Poso.

Kegiatan PKS yang dibuka wakapolres Poso, Kompol Darno mengharapkan seluruh hasil kegiatan, baik dalam bentuk materi dan praktek nantinya bisa diterapkan dengan baik dari masing-masing sekolah.

"Meskipun terkesan singkat, diharapkan peserta latihan PKS setelah selesai mengikuti pelatihan dapat mengimplementasikan di Sekolah masing-masing dan sekaligus dapat menjadi contoh bagi rekannya serta dapat menjadi teladan dalam keluarganya," kata Kompol Darno.

Pelatihan PKS di halaman Mapolres Poso ini bertujuan untuk membentuk kepribadian pelajar yang tanggap dan cekatan, berjiwa sosial serta berwawasan pengetahuan yang lebih baik yang juga sebagai suatu kebutuhan bagi pihak Sekolah untuk mewujudkan, ketertiban dan kedisiplinan siswa di lingkungan Sekolah.

Kasat Lantas Polres Poso AKP.Anton Muhammad menjelaskan, kegiatan dan keberadaan anggota PKS di lingkungan Sekolah dapat membantu peran guru dalam kegiatan pembinaan dan pengawasan.

Menurutnya, pembinaan pengembangan bakat siswa maupun pengawasan siswa di lingkungan sekolah dan anggota PKS juga dapat membantu rekan-rekannya di jalan untuk menyeberangkan saat datang dan pulang dari Sekolah, dapat menjadi pelopor dalam berlalulintas serta dapat menjadi mitra dalam mendukung tugas Kepolisian.

Anton menambahkan, dalam latihan PKS ini dilakukan teori dan praktek di lapangan mengenai tugas-tugas PKS, latihan PPPK, PBB, 12 gerakan dasar pengaturan lalu lintas dan senam lalu lintas serta pengenalan gambar jenis-jenis Narkotika.

Sehingga kata Anton, anggota PKS mengerti dan memahami akan bahaya penyalahgunaan Narkotika.
Untuk kegiatan ini, materi pengenalan tentang peraturan berlalulintas dan pengenalan gambar jenis-jenis Narkotika disampaikan oleh KBO Sat Lantas Polres Poso Ipda Faizyal.

"Kegiatan PKS seperti ini setidaknya akan memberikan harapan kepada para generasi muda khususnya para pelajar untuk bisa membantu tugas-tugas Polisi khususnya untuk pengamanan masing-masing sekolah," jelas Anton.


Editor : Udin Salim