Wednesday, 18 January, 2017 - 12:33

2017, Sriwijaya Air Tambah 30 Armada Baru

Pesawat Sriwijaya Air jenis Boeing 737-800NG. (Foto : klimg.com)

Palu, Metrosulawesi.com - 2017 nanti, maskapai Sriwijaya Air akan menambah armada pesawat baru sebanyak 30 unit. Terdiri dari 15 pesawat Narrow Body Boeing B737-800NG, 2 pesawat Wide Body Boeing 777-300ER dan 12 pesawat jenis ATR 72.

“Penambahan armada itu dilakukan sebagai upaya ekspansi bisnis. Pesawat-pesawat narrow body, difokuskan memperkuat rute-rute domestik dan ke Tiongkok,” Yudhi Tjanning, District Manager Sriwijaya Air Palu.

Khusus armada berbadan lebar, Wide Body Boeing 777-300ER, dipersiapkan untuk penerbangan umrah ke Jeddah dengan kapasitas seat sebanyak 300.

Rute Jeddah khusus umrah ini menjadi salah satu ekspansi bisnis Sriwijaya Air yang dimulakan Februari 2017 mendatang. Untuk tahap awal, penerbangan ke Jeddah akan dilakukan terlebih dahulu dengan menggunakan pesawat narrow body pada Desember 2016.

“Penerbangan itu bersifat sebagai langkah awal untuk penerbangan langsung nantinya. Tetapi, sudah reguler,” terangnya.

Kendati sudah menyiapkan rencana kedatangan deretan pesawat baru itu, Sriwijaya Air tetap membuka peluang datangkan pesawat baru lebih banyak lagi pada tahun depan. Hal itu dimungkinkan, bila rencana Sriwijaya Air menjadi perusahaan publik pada 2017 terealisasi.

“Dana dari IPO (initial public offering) itu akan kami gunakan menambah pesawat baru khususnya untuk pesawat wide body menjadi lebih banyak lagi. Saat ini, kami sudah mendapat ajakan kerja sama terbang ke beberapa negara, seperti Jepang, Korea Selatan, India dan Taiwan,” urainya lagi.

Dua pesawat berbadan lebar (widebody) Boeing 777-300 ER itu, akan diterbangkan delapan kali seminggu dengan rincian empat dari daerah dan empat dari daerah lain, seperti Medan, Surabaya dan Makassar. Pesawat dengan jangkauan terbang mencapai jarak 13.650 kilometer tersebut nantinya melintasi Rute Jakarta-Medan-DhakaJeddah.

Untuk rute Jakarta-Jeddah langsung ditargetkan mulai Februari 2017. Sebagai informasi, saat ini Sriwijaya Air telah memiliki 52 pesawat yang digunakan dalam melayani rute domestik dan internasional.

Sementara itu, untuk pesawat jenis ATR 72 diperuntukkan bandara kecil dan dioperasikan anak perusahaan dari Sriwijaya, yakni Nam Air.

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.

Bintang Delapan

Berita Terkait