Sunday, 27 May, 2018 - 01:22

2017, Zarro Ananta Kembali Release Album Lagu Kaili

Zarro Ananta (bertopi) dalam suatu pementasan. (Foto : Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Sukses meluncurkan album dan masuk dalam nominasi di 2 ajang Award (penghargaan) bergengsi, diantaranya SCTV Award ditahun 2006 kategori ekspolrasi musik etnik, serta Anugerah Musik Indonesia (AMI) dengan lagu etnik Kaili berjudul “ MANGGE” kategori lagu kolaborasi Jazz-Etnik Kaili tak membuat Muhammad Nizar, SH alias Zarro Ananta berbangga diri.

Zarro adalah salah satu musisi Indonesia asal Palu, Sulawesi Tengah. Bersama band-nya, Chloropyl yang dibentuk sejak 1998, awal karier professional Zarro dimulai dengan meraih beberapa juara pada ajang festival, khususnya jazz, pada akhir tahun 2005.

“Setelah vakum (istirahat) di  lagu Kaili, saya release 5 album R&B dan Jazz, belakangan ini. Ditahun ini saya akan kembali release album Kaili kedua berisi 8 lagu, yakni Uve Ribobo, Ulikamo, Ikomo, Tope Gugu, Handolo ,Mboto-mboto, Nemo Ranga nemo, dan Mosampesuvu, semuanya ini lagu hasil karya saya sendiri, tapi bingung patabanya yang mana,” ungkap Zarro sapaan karibnya.

Dijelaskanya salah satu lagu dialbum keduanya, Handolo adalah budaya Arab yang mengakar di Tanah Kaili, handolo sendiri suatu tradisi di pihak pengantin laki-laki sebelum pelaksanaan akad nikah. Biasanya di malam handolo itu ada jepeng (tarian khas Melayu-Arab).

“Saya dulu waktu masih kecil bersama Ayah saya, sering kali di undang ke acara Handolo, apalagi  undangan dari sahabat ayah saya yang mayoritas keturunan Arab di Tanah Kaili,” bebernya saat dihubungi via seluler Jumat 10 Februari 2017.

Rencananya dan harapannya di album barunya di lagu bertajuk Mosampesuvu nanti akan berkolaborasi, bernyanyi dan melibatkan langsung musisi-musisi lokal Palu serta tak ketinggalan akan mengajak juga tokoh-tokoh masyarakat di Tanah Kaili.

“Cita-citaku dan keinginan terbesarku adalah, Lagu berbahasa Kaili ini dinyanyikan serta terdengar sampai Mancanegara hingga belahan dunia,” harapnya.
 

Editor : Adhi Abdhian