Monday, 23 April, 2018 - 12:24

2018, Dua SMA Terapkan FDS

Eddy Siswanto dan Syam Zaini. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Dua Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Palu, SMAN 2 Palu dan SMAN 4 Palu pada 2018 akan menerapkan Full Day School (FDS) atau sekolah lima hari dalam sepekan.

Kedua sekolah itu akan melakukan uji coba pelaksanaan FDS selama satu semester, jika hasil evaluasi di semester genap dinilai lebih banyak positif dibanding negatifnya, maka pada tahun ajaran 2018/2019, keduanya akan menerapkan FDS secara menyeluruh.

Saat ini, kedua sekolah itu tengah menyiapkan persiapan penerapan FDS, mulai dari rapat internal guru hingga menyiapkan jadwal KBM.

Untuk SMAN 2 Palu, dari hasil rapat internal guru, telah disepakati penerapan FDS, begitu juga dengan siswa.

“Guru sudah setuju semua, anak-anak kami juga begitu, tinggal kami matangkan persiapan, dan konsultasikan dengan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Sulteng,” jelas Kepala SMAN 2 Palu, Eddy Siswanto. Senin, 18 Desember 2017.

Terkait orang tua siswa, kata Edi Siswanto, nantinya akan disurati setelah melakukan konsultasi dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah.

Begitu juga dengan SMAN 4 Palu, Syam Zaini selaku kepala sekolah juga telah mematangkan persiapan penerapan FDS, terutama menyangkut jadwal KBM. Begitu juga yang menyangkut makan siang peserta dudik, karena tentunya, kata Syam Zaini, sekolah tidak akan mengizinkan peserta didik untuk kembali ke rumah masing-masing hanya alasan makan siang.

Hal inilah, kata Syam Zaini, yang ingin dibicarakan dengan orang tua siswa dan dewan guru. Karena dalam penerapan FDS, sekolah tidak menginginkan ada masalah dikemudian hari, termasuk protes dari orang tua peserta didik.

“Kita menginginkan semuanya berjalan dengan baik, jangan sampai ada masalah kemudian hari,”tutur Syam Zaini.

Ia juga mengaku sebelum menerapkan FDS itu, terlebih dahulu melakukan konsultasi dengan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah, sehingga tidak salah dalam mengambil langkah.

“Saya akan konsultasi dulu dengan Pak Kadis, hasil dari konsultasi itu akan kami jadikan acuan penerapan FDS,” jelas Syam Zaini.


Editor : M Yusuf Bj