Sunday, 17 December, 2017 - 16:02

2018, Ribuan Guru akan Dirotasi

Guru SMPN saat mengikuti pertemuan bersama Disdik Palu di salah satu sekolah di Palu beberapa waktu lalu. (Foto : Moh Fadel/ Metrosulawesi)

PGRI Sulteng Dukung Rotasi Guru

Palu, Metrosulawesi.com - Kepala Dinas Pendidikan Kota Palu, Ansyar Sutiadi mengungkapkan rotasi guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mengajar di SMP negeri maupun swasta akan dilakukan pada awal 2018.

“Saat ini kami masih terus melakukan penggodokan pada ribuan guru yang bawah naungan Disdik Palu untuk ditempatkan di sejumlah sekolah,” kata Ansyar di Palu, Selasa, 21 November 2017.

Ansyar menjelaskan banyak hal yang dipersiapkan dalam melakukan rotasi guru, diantaranya melihat dokumen kepegawaian, penugasan guru tersebut, durasi jam mengajarnya, dan alamatnya pun juga harus diteliti, serta prestasi atau Ujia Kompetensi Guru (UKG).

“Kami melihat semua, karena ini keinginan kita agar pendidikan yang merata dan berkualitas di palu bisa tercapai. Jika anak kalian masuk sekolah kemudian sekolahnya tidak bagus, pasti tidak merasa nyaman. Sehingga dimanapun anak-anak sekolah pasti sama, hanya saja gedungnya lebih kecil dan besar, tetapi kualitasnya sama,” imbuhnya.

Selain itu, kata Ansyar, kelebihan guru bahasa inggris yang mengajar di SMP Negeri juga akan dirotasi.

“Inilah yang sementara dicarikan bagaimana solusinya, sehingga guru-guru ini diinginkan fokus mengajar, tidak lagi mencari yang lain,” katanya.

Menanggapi hal itu, Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Sulawesi Tengah, Nursalam mengatakan apapun kebijakan pemerintah, sepanjang tidak menyusahkan dan tidak merugikan, ikutilah.

“Kami dari PGRI sangat memberikan apresiasi dan mendukung kepada Pemerintah Kota dan Disdik Palu melakukan rotasi kepala sekolah dan mutasi guru. Sehingga pendidikan di Palu betul-betul merata, khususnya pada mutu atau kualitasnya,” kata Nursalam.

“Jika tidak lakukan sekarang, kapan lagi? Jadi apapun yang dilakukan Walikota Palu dan Kepala Disdik Palu, PGRI sangat mengapresiasi,” ungkapnya.


Editor : M Yusuf Bj

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.