Sunday, 22 July, 2018 - 12:29

2018, SMAN 2 Palu Komitmen Gelar UNBK

Eddy Siswanto. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Kepala SMA Negeri 2 Palu, Eddy Siswanto mengatakan pada 2018, dengan melakukan berbagai upaya, SMAN 2 Palu berkomitmen untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Semoga juga ada bantuan dari Pemerintah Daerah (Pemda) berkaitan pengadaan komputer maupun server yang digunakan. Namun jika misalnya pengadaan itu terbatas, maka kami menggunakan cara kemitraan dengan sekolah lain, yang tetunya sekolah itu terlebih dahulu melaksanakan UNBK, misalnya SMKN 3 dan SMKN 1 Palu,” kata Eddy di ruang kerjanya, Sabtu, 9 Desember 2017.

Dengan kemitraan ini, Eddy berharap, SMAN 2 Palu bisa dipinjamkan komputer untuk melaksanakan UNBK.

“Untuk simulasi UNBK, kami rencana laksanakan pada Februari 2018. Rencana itu kami telah sampaikan kepada siswa, dan mereka semuanya siap dalam mensukseskan simulasi kedua UNBK dengan menggunakan leptop,” ujarnya.

Menurutnya, UNBK di SMAN 2 Palu tidak ada kendala atau masalah dalam pelaksanaannya. UNBK, kata Eddy, akan meningkatkan Integritas dan kejujuran siswa. Dirinya yakin, melalui ujian sistem komputer, peserta didik akan percaya diri dalam menjawab soal ujian.

“Kami juga sudah melakukan persiapan dalam rangka melaksanakan UNBK, tentunya kami menata dulu ruangan. Untuk ruangan, jika kami hitung dari volume siswa kelas 12 sebanyak 438 siswa, maka dibutuhkan empat sampai lima ruangan untuk persiapan UNBK, dengan sistem tiga tahap (sesi), sebagaimana dilakukan sekolah lain,” jelasnya.
 
Olehnya itu, kata Eddy, yang paling utama pihaknya membangun jaringan LAN di dalam ruang-ruang yang disiapkan untuk pelaksanaan UNBK.

“Alhamdulillah jaringannya sudah rampung, tinggal nantinya kami akan menghubungkannya (sinkronisasi) dengan server dan Perangkat Computer (PC) yang akan disinkronkan dengan masing-masing konektor jaringan LAN itu,” katanya.

Eddy mengatakan fokus utamanya saat ini adalah berupaya melaksanakan UNBK tahun depan dengan maksimal.

 
Editor : M Yusuf Bj