Sunday, 25 February, 2018 - 01:39

2019, Alokasi Kursi DPRD Poso Tidak Berubah

Ketua KPU Poso Taufik Hidayat bersama 3 anggota komisioner lainnya  saat gelar sosialisasi Penataan Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten Poso  Untuk Pemilu Tahun 2019. (Foto : Ist)

Poso, Metrosulawesi.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Poso menggelar sosialisasi Penataan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten Poso. Sosialisasi ini menghadirkan 19 pimpinan wilayah kecamatan,  se-Kabupaten Poso sebagai pesertanya.

Ketua KPU Poso Taufik Hidayat mengatakan, agenda sosialisasi kali ini merupakan tindak lanjut dari Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu dan PKPU nomor 7 tahun 2017 tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaran Pemilu, juga sekaligus membangun kesepahaman kepada semua peserta sosialisasi yang hadir.

“Kami mengundang semua camat se-Kabupaten Poso serta stakeholder terkait, termasuk Panwaslu untuk ikut berpartisipasi memberikan masukan dan saran berkaitan dengan penataan Dapil dan alokasi kursi anggota DPRD Kabupaten Poso. Hasilnya akan kami tindaklanjuti dan akan diteruskan secara berjenjang hingga ke tingkat KPU RI pusat,” ujar ketua KPU Poso.

Kata Taufik Hidayat, ada sejumlah usulan yang mengemuka terkait soal penambahan jumlah Dapil untuk wilayah Dapil 2 Kabupaten Poso, yang terdiri dari 6 wilayah kecamatan Pamona bersudara. Hanya saja usulan tersebut belum bisa dipenuhi dengan alasan regulasi. Dimana dalam aturan yang ada telah diatur batasan,  untuk kabupaten/kota minimal 3 kursi sampai dengan 12 kursi.

”Memang dalam pertemuan tadi ada usulan kalau memungkinkan agar Dapil 2 dipecah menjadi dua Dapil. Sementara yang diketahui, untuk Pemilu 2014 yang lalu, Dapil 2 itu hanya ada 11 kursi, jadi belum menyentuh porsi maksimal 12 kursi,” jelasnya.

Taufik menambahkan,  untuk Kabupaten Poso pada Pemilu serentak tahun 2019 mendatang, dapat dipastikan belum ada penambahan Dapil dan kursi baru, itu Poso masih tetap dengan komposisi 4 Dapil dan 30 kursi dewan.

Selain Ketua KPU Poso Taufik Hidayat, hadir juga  3 anggota komisioner KPU Poso lainnya yakni, Karel Rompas, Iwan Ahmad dan Geferson Balebu. Dalam giat tersebut, juga turut dihadiri para anggota Panwalsu Kabupaten Poso dan sejumlah perwakilan organisasi pemerintah daerah (OPD) Lingkup Pemda Poso.


Editor : Elwin

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.