Saturday, 22 September, 2018 - 08:55

2019, STAI Poso Bakal Jadi PTN

Kampus STAI Poso yang bakal beralih status menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) pada 2019. (Foto: Ryan Darmawan/ Metrosulawesi)

Poso, Metrosulawesi.com - Kabar yang menggembirakan bagi civitas akademika Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Kabupaten Poso, bahwa pada tahun 2019 mendatang direncanakan akan beralih status dari swasta ke kampus perguruan tinggi negeri (PTN) yakni STAIN.

Hal itu ditegaskan secara langsung oleh ketua III STAI Poso, Ibrahim Ismail baru-baru ini. Kata Ibrahim Ismail, bahwa dalam hal akreditasi Kampus C ke B, maka STAI Poso yang dalam dekat ini akan menuju alih status dari swasta ke perguruan tinggi negeri.

"Terkait akreditasi kampus alih status dari swasta ke negeri, maka kami masih fokus dengan dua program studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dan Ekonomi Syariah serta akreditasi lembaga (Institusi)," ucap Ibrahim Ismail di kampus STAI Poso saat melihat proses penerima mahasiswa baru.

Menurut Sekretaris Komda Alkhairaat Poso itu dengan beralihnya status kampus, maka nantinya akan ada penambahan program studi yang tepat sesuai dengan kebutuhan lokal masyarakat.

Sementara itu jumlah mahasiswa STAI Poso setiap tahunya mengalami kenaikan, sehingga hal itulah yang kemudian menjadi acuan penting untuk beralih status. Saat ini ada 200 mahasiswa STAI Poso yang kini telah mendaftar dan mengikuti proses Orientasi Studi Ta'aruf Kampus (OSTAK).

Bentuk keseriusan pihak kampus STAI Poso untuk beralih status menjadi kampus negeri telah meminta dukungan dari sejumlah kalangan.

Dimana pada tahun 2017 lalu Tim kerja Pengelola Kampus STAI Poso melakukan kunjungan silaturahmi ke Universitas Kristen (UNKRIT) yang berada di Kota Tentena, Kecamatan Pamona Puselemba.

Kedatangan tim kerja serta pengurus kampus STAI Poso saat itu diterima secara langsung oleh rektor UNKRIT, Lies Sigilipu.

Kunjungan pihak kampus STAI selain silaturahmi juga meminta dukungan pihak UNKRIT secara kelembagaan atas kesediaanya memberikan rekomendasi dalam mendukung peralihan status STAI menjadi kampus negeri STAIN.

Hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk persyaratan administrasi alih status kampus STAI.

Saat itu pun pihak UNKRIT mengaku setuju terhadap rencana alih status kampus STAI menjadi kampus negeri STAIN. Pihak UNKRIT sangat mendukung pendapat serta masukan yang dilakukan para pengurus dan tim kerja kampus STAI Poso.

Sementara itu, selain UNKRIT, tim kerja dan pengurus STAI Poso juga telah meminta dukungan ke lembaga Majelis SINODE GKST dan Sekolah Tinggi Theologia (STT) Tentena.

Kabar baik ini pun langsung disambut sejumlah mahasiswa dan pengurus kampus. Ishaq Hakim mahasiswa akhir STAI Poso menyampaikan, peralihan kampus STAI ke negeri merupakan hal yang sangat baik karena dapat memberi akses pendidikan masyarakat lebih luas serta mudahnya saat lulus mencari lapangan pekerjaan. 


Editor: Syamsu Rizal

Tags: