Friday, 15 December, 2017 - 22:06

27.000 Pilih Untad, Lulus 2.995

Prof Dr Sutarman Yodo, SH MH. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Tadulako (Untad) Prof Dr Sutarman Yodo SH MH mengungkapkan dari 27.000 lebih yang memilih Untad melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), yang dinyatakan lulus hanya 2.995 peserta.

“Untuk Untad peserta lulus SBMPTN sebanyak 2.995 orang yang telah diumumkan secara serentak di seluruh perguruan tinggi negeri. Itu artinya dari total 2.7000 lebih memilih Untad hanya sekitar 11 persen yang diterima,” ujar Prof Sutarman yang juga selaku Ketua Panitia Lokal SBMPTN Untad didampingi Humas SBMPTN Dr Darsikin M.Si, Selasa, 13 Juni 2017.

Dia menerangkan yang memilih Untad tahun ini bukan hanya asal Sulawesi Tengah, melainkan dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia. Sehingga mereka yang dinyatakan lulus bukan hanya dari putra/i asli daerah.

“Tapi lalu yang ikut tes di Untad hanya 9.856 orang, selebihnya tes di daerah masing-masing,” tutur Prof Sutarman.

Olehnya, guru besar ilmu hukum itu meminta peserta yang dinyatakan lulus SBMPTN harus segera melakukan pendaftaran ulang.

“Jadi kami harapkan mereka yang lulus harus segera mendaftar ulang sesuai persyaratan yang telah ditentukan,” katanya.

Untuk pendaftaran ulang tersebut, Untad hanya memberikan waktu delapan hari yaitu mulai 14-22 Juni. Olehnya, waktu yang singkat itu harus dimanfaatkan peserta yang dinyatakan lulus.

“Ini kesempatan emas bagi yang lulus, sebab ada ribuan yang ingin kuliah di Untad belum beruntung,” ucap dia.

Dia menambahkan, kepada yang belum beruntung harus memanfaatkan jalur seleksi terakhir SMMPTN yang telah dibuka sejak 30 Mei hingga 23 Juni mendatang. Proses pendaftaran sama seperti dua jalur sebelumnya yaitu dengan sistem online.

Jalur SMMPTN membuka 41 Program studi (Prodi) diberbagai fakultas yang ada di Untad. Khusus Prodi Kedokteran ditutup karena kuota yang ada telah terpenuhi lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN.

“Mereka yang belum rejeki melalui dua jalur itu silakan mendaftar SMMPTN. Itu jalur terakhir yang disiapkan Universitas Tadulako,” tandas Prof Sutarman.


Editor : M Yusuf BJ

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.