Monday, 23 July, 2018 - 14:07

28.725 CJH Sulteng Masuk Daftar Tunggu

Lutfi Yunus. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Jumlah jamaah haji Sulteng hingga saat ini mencapai 30 ribu lebih, atau tercatat sekitar 28.725 calon jamaah haji Sulteng masuk dalam daftar tunggu. Bila saat ini ada yang mendaftar untuk naik haji, maka perlu menunggu 15 tahun kedepan baru bisa berangkat.

Antrian panjang jamaah haji Sulteng tersebut, disampaikan Kabid Haji Kemenag Sulteng, Lutfi Yunus melalui staf siskohat, di ruang kerjanya, Senin (25/6).

Sebenarnya, kata dia, sebelum terjadinya penambahan quota jamaah haji Indonesia oleh Pemerimtah Arab Saudi, jumlah jamaah haji Sulteng yang masuk dalam daftar tunggu mencapai 30 ribu lebih atau harus menunggu masa keberangkatan hingga 20 tahun kedepan.

Dikatakan, dari penambahan quota secara nasional tersebut menyebabkan terjadinya penambahan jumlah jamaah haji Sulteng yang berangkat ke Tanah Suci dari sekitar 1398 orang menjadi 2000.

Ia berharap, quota haji secara nasional tidak ada lagi penurunan, sehingga calon jamaah haji dapat terakomodir secepatnya dalam pemberangkatan.

Menyinggung soal kemungikanan adanya calon jamaah haji yang sudah terdaftar berangkat pada 2018 ini, tetapi batal berangkat, pihak Kemenang belum dapat merinci secara detail. 

‘’Dalam catatan kita memang ada beberapa calon jamaah haji yang sudah terdaftar berangkat 2018 ini, namun gugur, karena belum melunasi hingga batas akhir pembayaran BPIH,’’ terangnya.

Soal faktor lain yang menggugurkan berangkat haji tahun 2018 ini, pihak Kemenang belum menerima laporan. Biasanya faktor lain diluar tertundanya pelunasan BPIH, seperti alasan hamil, sakit baru akan diketahui saat jelang pemberangkatan atau saat pemeriksaan kesehatan terakhir baik semasih di Asrama Haji Palu mauoun pada saat di embarkasi Sepinggan Balikpapan, Kaltim.

Tags: