Tuesday, 22 May, 2018 - 04:33

3 Ribu e-KTP Tercetak di Vatulemo

AMBIL KTP - Petugas Disdukcapil Sulteng melayani masyarakat yang mengambil e-KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil jalan Dewi Sartika Palu, Senin, 14 Mei 2018. (Foto: Michael Simanjuntak/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Pelayanan e-KTP yang dibuka di Lapangan Vatulemo dari Jumat sampai Minggu, 11-13 Mei, berhasil mencetak tiga ribu e-KTP. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sulteng, Abd Haris Yatolembah di Palu, Senin, 14 Mei 2018.

“Jumlah keseluruhan e-KTP yang harus tercetak sekitar lima ribu keping, tapi baru tiga ribu bisa dicetak di Lapangan Vatulemo, dan sudah ditangan masyarakat,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, pencetakan kemudian dilanjutkan di Kantor Disdukcapil Sulteng mulai kemarin, Senin, 14 Mei. Di Kantor Disdukcapil Sulteng, tercetak e-KTP sekitar enam ratus keping lebih.

“Pencetakan akan terus kami buka sampai selesai agar masyarakat yang sudah merekam, atau penggantian fisik KTP selama pelayanan di Vatulemo bisa mendapatkan e-KTP,” tutur Haris.

Haris mengimbau bagi masyarakat yang belum sempat mengambil e-KTP di Vatulemo agar mendatangi Kantor Disdukcapil Sulteng di jalan Dewi Sartika Palu. Masyarakat dipersilakan membawa nomor antrian yang didapatkan saat pelayanan di Lapangan Vatulemo.

“Masyarakat yang belum sempat mengambil e-KTP nya segera datang ke kantor kami. Saya pastikan pengambilan e-KTP tetap gratis tanpa biaya apapun. Kepada masyarakat yang datanya tidak terbaca agar bersabar, petugas kami akan berupaya maksimal,” tandas Haris.

Seperti diberitakan sebelumnya, pelayanan e-KTP di Lapangan Vatulemo merupakan rangkaian launcing Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) tingkat Provinsi Sulteng.  Gerakan ini dilancing langsung Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh di Palu, Jumat, 11 Mei 2018.

Dilauncingnya GISA ditarget bisa meningkatkan kepemilikan dokumen kependudukan masyarakat. Hal itu sesuai tujuan GISA yakni suatu gerakan untuk membangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan. Adapun yang menjadi tolok ukurnya dengan meningkatnya kepemilikan akte kelahiran, akte kematian, KTP elektronik, dan kartu identitas anak.

GISA sebagaimana tujuan pokoknya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya dokumen kependudukan, pentingnya pemanfaatan data kependudukan, pentingnya pemutakhiran data kependudukan, dan pentingnya pelayanan administrasi kependudukan. Sasarannya adalah masyarakat, aparatur petugas pelayanan Disdukcapil, dan lembaga pengguna (pemerintah dan swasta).

GISA sendiri merupakan program nasional dalam rangka melayani masyarakat untuk pembuatan dokumen kependudukan secara berkelanjutan agar masyarakat kedepan bisa memiliki dokumen kependudukan dan sifatnya gratis.


Editor: M Yusuf Bj