Tuesday, 21 November, 2017 - 06:58

30 Panwascam Tolitoli Dilantik

AMBIL SUMPAH - Suasana pelantikan anggota Panwacam Tolitoli yang dilantik dan diambil sumpahnya. (Foto : Ist)

Tolitoli, Metrosulawesi.com - Sebanyak 30 orang anggota Panwascam se-Kabupaten Tolitoli dilantik dan disumpah pada Selasa (14/11) disalah satu hotel di Tolitoli. Selain anggota Panwascam, turut pula dilantik Kepala Sekretariat Panwascam.

Wakil Bupati (Wabup) Tolitoli H Abd Rahman H Buddin saat memberikan sambutannya pada pelantikan Panwascam mengatakan, pengawasan menjadi salah satu hal terpenting dalam menentukan berhasil atau tidaknya sebuah Pemilu.

“Pengawasan Pemilu adalah kegiatan mengamati, mengkaji, memeriksa, dan menilai proses penyelenggaraan Pemilu sesuai peraturan perundang-undangan. Sebagai penyelenggara harus mampu memahami Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu sebagai pedoman dalam menjalankan tugas, fungsi serta kewenangan yang dimiliki,” ujarnya.

Selain itu Wabup berharap, amanah yang telah diberikan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, dan harus melakukan koordinasi dengan kepolisian, kejaksaan dan lembaga peradilan guna memperlancar proses penanganan kasus pelanggaran pidana pemilu.

Pengawas pemilu tidak dapat melakukan penanggulangan secara represif terhadap tindak Pemilu, karena kedudukan dan kewenangan yang dimiliki terbatas.
 
Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Forkompimda Tolitoli, Dewan Adat, para camat dan pimpinan partai politik.


Editor : Elwin

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.