Tuesday, 30 May, 2017 - 19:17

300 Personel TNI Latihan 21 Hari di Poso

Suasana apel pembukaan latihan pasukan dalam rangka operasi pemulihan keamananan untuk warga Poso. (Foto : Wawan/ Metrosulawesi)

Poso, Metrosulawesi.com - Sebanyak 300 personel TNI mengikuti latihan di wilayah Poso. Latihan ini digelar dalam rangka operasi pemulihan keamananan untuk warga Poso.

Latihan yang digelar oleh Kodam XIII Merdeka di wilayah Poso ini, dibuka secara resmi oleh Pangdam XIII Merdeka Mayjend Ganip Warsito.

Sebanyak 300 pasukan yang akan mengikuti latihan ini terdiri dari 100 personel Kodim 1307 Poso yang tergabung dalam Satgas Terotorial dan 200 pasukan Kerangka dari personil Batalyon 714 Merdeka.

Latihan digelar di Kecamatan Poso Kota, Lage dan Kecamatan Poso Pesisir selama 21 hari.

Untuk seratus personil TNI yang masuk Satgas Teritorial saat latihan nantinya akan  mendapatkan pembekalan yang bersifat pembinaan kewilayahan keamanan kemasyarakatan dan dua ratus pasukan Satgas Kerangka TNI bertugas untuk membantu kegiatan inti dari Operasi Satgas Tinombala dalam memburu 9 sisa DPO Mujahidin Indonesia Timur  (MIT) di pos-pos sekat wilayah Operasi Tinombala 2017.

“Kalau pasukan Satgaster mereka mendapat pembekalan bersifat pembinaan kewilayahan kemananan dan pasukan satgas Kerangka memback-up satgas tinombala dalam perburan kelompok MIT,” kata Pangdam XIII Merdeka Ganip Warsito usai membuka latihan di Batalyon 714, Selasa 9 Mei 2017.

Pangdam XIII Merdeka Ganip Warsito mengatakan, seluruh pasukan yang ikut dalam latihan ini bertujuan mendukung satuan tugas Operasi Tinombala yang saat ini masih memburu 9 sisa DPO kelompok MIT di pegunungan Poso, demi pemulihan keamananan untuk warga Poso.

“Kalau sisa DPO ini nyerah baik-baik kan bagus, kalau mereka melawan kita tembak,” tuturnya.

Pangdam juga berpesan untuk seluruh sisa sembilan orang DPO jaringan MIT untuk segera menyerahkan diri ke aparat, sejauh ini dari hasil evaluasi TNI sembilan orang DPO mit itu masih bertahan hidup di pegunungan Poso Pesisir tanpa bereksistensi lagi.

Dalam kegiatan ini, di hari yang sama TNI juga menggelar sunatan masal, pengobatan gratis dan pembagian seribu paket sembako ke warga Poso.

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu mengapresiasi kegiatan positif yang digelar TNI. Pihak pemda Poso selalu mendukung kegiatan TNI maupun Polri demi mewujudkan kemanan dan perdamaian yang baik di Poso.

Usai membuka latihan TNI di Markas Batalyon 714, Pangdam XIII Merdeka juga menggelar tatap muka bersama kepala desa dan Forum Komunikasi Perangkat Daerah (FKPD).
 

Editor : Syamsu Rizal

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.

Berita Terkait