Sunday, 22 July, 2018 - 12:40

36 Calon Kepala Madrasah Diseleksi

SELEKSI - Salah satu peserta saat mengikuti seleksi calon kepala Madrasah di Aula Kanwil Kemenag Sulteng, Kamis, 18 Januari 2018. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sulteng, Dr. H. Nasruddin L. Midu mengungkapkan sebanyak 36 peserta yang berasal dari zona 1 yakni, Kabupaten Sigi, Donggala dan Kota Palu saat ini mengikuti seleksi menjadi calon kepala Madrasah Negeri.

Seleksi tersebut, kata Nasruddin, adalah jawaban atas tuntutan Peraturan Menteri Agama (PMA) nomor 29 tahun 2014 yang telah direvisi menjadi PMA Nomor 58 Tahun 2017 tentang Kepala Madrasah.

Pelaksanaan seleksi tersebut diikuti oleh sejumlah Kepala Madrasah Aliyah (MA), MTS dan MI, baik swasta maupun negari. Seleksi itu digelar di aula Kanwil Kemenag Sulteng, Kamis, 18 Januari 2018.

Nasruddin menjelaskan bahwa dalam seleksi tersebut para peserta diberikan tes berkaitan dengan lima kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh kepala madrasah, yakni manajerial, kepemimpinan, kepedulian sosial, kepribadian, serta citra Kemenag dan supervisi.

“Seleksi ini kami lakukan, agar Kepala Madrasah yang dihasilkan betul-betul memiliki lima kompetensi tersebut,” kata Nasruddin.

Ia juga berharap, para Kepala Madrasah yang memang memiliki lima kompetensi dasar tersebut akan dapat mengimplementasikan kompetensinya di madrasah yang dipimpinnya nanti.

Selain itu, Ia mengungkapkan bahwa para calon Kepala Madrasah tersebut nantinya akan disiapkan oleh Kemenag Sulteng untuk mengisi posisi di beberapa satuan kerja (satker) madrasah di Sulteng, baik yang baru maupun yang lama.

“Ini untuk mengisi madrasah satker baru yang ada maupun yang sudah lama. Ini dimaksudkan, kalau misalnya tiba-tiba ada Kepala Madrasah yang berhalangan tetap atau tidak inovatif, maka ketika ingin mengganti, sudah ada yang siap dan berdasarkan hasil seleksi,” katanya.

Setelah ini, kata Nasruddin, akan dilaksanakan seleksi yang sama secara berurutan bagi peserta yang berada di zona 2 yakni Kabupaten Tolitoli, zona 3 Kabupaten Tojo Unauna dan Kabupaten Poso, serta zona 4 Kabupaten Banggai, Kabupaten Banggai Kepulauan dan Kabupaten Banggai Laut.
 
 
Editor: M Yusuf Bj