Saturday, 22 September, 2018 - 09:30

468 Titik Parkir Resmi di Palu

Salah satu titik parkir di Kota Palu. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Retribusi Parkir Capai Rp700 Juta

Palu, Metrosulawesi.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palu terus melakukan upaya peningkatan hasil retribusi dari titik parkir di Kota Palu. Penertiban jukir (juru parkir) dan koordinator parkir pun terus dilakukan.

“Hingga saat ini jumlah titik parkir di Kota Palu sebanyak 468,” kata Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Dinas Perhubungan Kota Palu, Gamal beberapa waktu lalu.

Gamal mengungkapkan pendapatan retribusi parkir di Kota Palu bervariatif, namun untuk tahun ini ada peningkatan yang signifikan.

“Target yang diberikan DPRD Palu untuk parkir sebesar Rp1,2 miliar. Pada tahun ini, penghasilan retribusi parkir yang kami peroleh kurang lebih Rp760 juta. Namun jumlah ini mengalami peningkatan yang signifikan dibanding tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Namun Gamal mengakui bahwa pembayaran retribusi parkir dari jukir kadang tersendat.

“Makanya kami selalu lakukan penagihan kepada para jukir yang menunggak,” katanya.

Gamal menjelaskan seluruh titik parkir di Kota Palu ditangani oleh koordinator lapangan (korlap) yang ada pada tiap kelurahan di Kota Palu.

“Jadi korlap itu perpanjangan tangan dari Dishub Palu. Namun ada beberapa titik parkir yang langsung diawasi oleh Dishub, salah satunya titik parkir di Pasar Inpres Manonda Palu. Titik parkir tersebut tidak dibagi ke kelurahan,” katanya.

Pihaknya tidak membagi titik parkir tersebut kepada kelurahan, karena ada beberapa titik parkir pada kelurahan tersebut jumlahnya minim.

“Lokasi parkir di Pasar Inpres tersebut sebanyak 60 titik dan ditangani oleh tiga koordinator. Ada titik parkir yang cuma lima sampai tujuh titik parkir pada satu kelurahan, seperti di Kelurahan Duyu dan Balaroa, karena itu titik parkir tersebut tidak kami bagi,” jelasnya.

Kata dia, ada kemungkinan pihaknya menambah titik parkir di Kota Palu.

“Karena banyak tempat-tempat usaha baru yang bermunculan di Kota Palu. Ini merupakan potensi untuk menambah titik parkir,” katanya.

Namun,kata Gamal, titik-titik parkir pada tempat usaha baru tersebut belum bisa dimasukan pada data rill jumlah titik parkir di Kota Palu.

“Karena kita masih mengacu pada RPJMD untuk jumlah titik parkir di Kota Palu, yaitu sebanyak 468 titik parkir. Mungkin tahun depan, kami sudah dapat menganalisa kenaikan titik parkir di Kota Palu,” jelasnya.