Tuesday, 25 September, 2018 - 05:14

65 Ribu Bibit Gaharu Siap Disalurkan ke Petani

Tolitoli, Metrosulawesi.com - CV Punggawa menyatakan siap menyalurkan 65 ribu bibit pohon gaharu kepada kelompok tani. Kejaksaan Negèri Tolitoli juga telah melakukan pemeriksaan bibit gaharu di tempat penangkaran milik CV Punggawa di Desa Bajugan Kecamatan Galang.

Pemeriksaan bibit gaharu oleh Kejaksaan guna memastikan bibit yang berjumlah puluhan ribu tersebut sudah memenuhi persyaratan layak atau tidaknya untuk disalurkan kepada kelompok tani sebagai penerima bibit.

Faizal SH selaku jaksa yang melakukan pendampingan TP4D mengatakan saat ini hasil pemeriksaan di lapangan tidak ada masalah dengan bibit tersebut.

Sementara itu Ali Asegaf yang menggunakan nama penangkaran CV Punggawa dan juga selaku pemilik bibit ditemui di lapangan, Rabu 4 Juli 2018 mengaku bahwa bibit gaharu miliknya yang berjumlah 65 ribu pohon sudah sudah memenuhi persyaratan dan siap disalurkan.

"Bibit ini sudah disertifikasi dan diberi label oleh dinas terkait (Dinas Lingkungan Hidup) dan kami sudah siap menyalurkan kepada kelompok penerima," katanya.

Dikatakan bibit gaharu yang sudah diberi label itu memiliki ketinggian bervariasi yaitu kisaran 25cm - 40cm.

Kabid Pemantauan dan Pengujian pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Melkyanus Mandake SP juga turun langsung mengecek kondisi pembibitan gaharu milik Ali Asegaf sebelum  disalurkan ke kelompok. Dikatakan bibit gaharu yang sudah diberi label itu berjumlah 70 ribu batang. 

"Sesuai kontraknya sekitar 65  ribu bibit akan disalurkan oleh pihak kontraktor CV. Lutungan Jaya, namun pihak penangkar yaitu CV. Punggawa juga memberikan tambahan sekitar 10 ribu bibit guna mengantisipasi jika saja dalam penyaluran terdapat bibit yang mati dan akan digantikan dengan cadangan yang sudah disiapkan,” jelasnya.

Dijelaskan nantinya bibit tersebut akan disalurkan kepada 13 kelompok tani yang tersebar di beberapa kecamatan. Dikatakan proyek pengadaan bibit itu sendiri senilai Rp.1,5 miliar melalui pagu APBD tahun 2018. 

 

Editor: Syamsu Rizal