Wednesday, 20 June, 2018 - 17:25

83 Titik Jalan Ibukota Donggala Rusak Parah

Donggala, Metrosulawesi.com - Sedikitnya 83 titik jalan berlubang atau rusak parah di ibukota Kabupaten Donggala, Kecamatan Banawa. Jumlah tersebut merupakan hasil pantauan reporter Metro Sulawesi, Rabu 23 Mei 2018.

Kondisi jalan berlubang terbagi dua, rusak parah dan rusak sedang. Untuk jalan rusak parah terlihat lebih memprihatinkan, aspal terkelupas sehingga terjadi genangan air ketika turun hujan dan debu menyebar ketika terik matahari. Kondisi itu dikhawatirkan bisa mengancam keselamatan pengguna jalan.

Dikonfirmasi soal kerusakan jalan belum lama ini, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Syafrullah tidak menampik hal tersebut.

Kata dia, pihaknya memang telah mengetahui banyaknya jalan rusak di Kecamatan Banawa dan beberapa kecamatan lain yang masuk kategori jalan kabupaten.

Pihaknya, secara manual juga telah melakukan pendataan jumlah jalan rusak, namun pengambilan data secara digital belum bisa dilakukan, karena petugas khusus untuk itu belum ada.

“Kami sudah melakukan koordinasi ke kementerian untuk pelatihan petugas yang akan mendata kondisi jalan rusak. Tujuannya, untuk memudahkan penginputan data yang lebih lengkap,” ungkap Syafrullah di ruang kerjanya.

Disebutkan, dengan anggaran yang ada Syafrullah, memang belum mampu menjangkau secara keseluruhan jalan kabupaten yang membentang kurang lebih 1.000 kilometer lebih. Ini karena, selain untuk jalan kabupaten, anggaran yang ada juga mengakomodir pembangunan dan perbaikan jalan di sejumlah desa.

Ditambahkan, selain jalan kabupaten ataupun jalan desa, Dinas PU juga siap menyukseskan program pemerintah di bidang pariwisata. Secara bertahap pula, jalan-jalan menuju destinasi wisata akan dibangun dan diperbaiki. Ini dilakukan agar sejalan dengan upaya pemerintah untuk mengoptimalkan Donggala menjadi kota wisata.  


Editor: Syamsu Rizal

Berita Terkait