Monday, 23 July, 2018 - 14:06

900 Paspor CJH Dikirim ke Kemenag Pusat

H Arifin. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah pada Bidang Penyelengaraan Haji sementara melaksanakan verifikasi dokumen, penginputan dan update data, serta penyusunan nominatif dan kloter. 

“Hari ini (kemarin-red) telah dikirim ke Jakarta sebanyak 900 paspor yang terdiri dari kloter 5 dan 6, yang akan diberangkatkan pada tahun ini,” kata Kepala Seksi (Kasi) Pendaftaran dan Dokumentasi Haji, H Arifin, kepada Metrosulawesi, Kamis, 28 Juni 2018. 

Arifin mengungkapkan, paspor kloter selanjutnya sementara dipersiapkan verifikasi dokumennya. 

“Disusun baik kloternya, setelah itu akan dikirim ke Jakarta. Setelah nanti hasil visa dari Jakarta turun, kami akan langsung proses kembali di Kemenag untuk diteruskan ke Balikpapan untuk persiapan pemberangkatan haji,” ujarnya.

Sementara kata Arifin, gedung baru Asrama Haji belum bisa dimanfaatkan, komposisi penempatan di Asrama Haji masih sama dengan tahun sebelumnya. 

“Olehnya, kami berharap Asrama Haji bisa menampung 455 jamaah. Saat ini kondisi Asrama Haji sementara pembersihan dan pembenahan ruangan, karena memang pemanfaatan gedung Asrama Haji, khusus kamar-kamar tertentu, biasanya  digunakan nanti setahun sekali untuk pemanfaatan,” jelasnya. 

Arifin mengungkapkan bahwa tahun ini masih menggunakan fasilitas gedung Asram Haji yang lama, hal itu dikarenakan belum selesainya pembangunan gedung baru. 

“Kami juga sementara melakukan langkah-langkah koordinasi dengan Dinas Kesehatan, Insya Allah pada H-7 tim kesehatan Provinsi akan meninjau kesiapan Asrama Haji, terutama tentang sanitasi kebersihannya. Bahkan akan dilakukan fogging membasmi jentik-jentik nyamuk,” katanya. 

Selain itu, kata Arifin, penempatan jadwal pemberangkatan ke Balikpapan masih menunggu pemenang maskapai yang menerbangkan jamaah haji dari Palu ke Balikpapan. 

“Tanggalnya telah ada, namun waktu (pukul) belum ditentukan,” katanya. 

“Jika telah ada nama maskapai yang menerbangkan para calon jamaah haji, kami akan informasikan ke sejumlah media,” ujarnya. 

Kata dia, penentuan maskapai kewenangan dari Pemerintah Daerah Provinsi Sulteng. Kemenag Sulteng tinggal menunggu siapapun pemenangnya. 

“Calon jamaah haji agar saat ini mempersiapkan diri, dengan menjaga kesehatan. Karena waktu kita terhitung mungkin satu bulan lagi, kemudian dipermantap lagi manasik hajinya, agar diharapkan di tanah suci, jamaah haji lebih mendiri pada saat menjalan ibadah haji,” harapnya. 

 

Editor: M Yusuf Bj