Saturday, 18 November, 2017 - 06:58

Aceo Bantah 'Kendalikan' Bupati Poso

Hendrik Lyanto alias Aceo. (Foto : Ist)

Poso, Metrosulawesi.com - Akhir-akhir ini banyak berkembang opini di tengah masyarakat Poso pasca terpilihnya Darmin Agustinus Sigilipu sebagai bupati Poso dan Samsuri sebagai wakil bupati  yang menyebutkan adanya intervensi yang dilakukan dari pihak tim sukses Darmin-Samsuri terhadap masa pemerintahannya dan kerja-kerja Bupati Poso pada saat turun lapangan.

Terkait hal yang diberitakan sebelumnya oleh Metrosulawesi, sosok Hendrik Lyanto atau yang dikenal Aceo yang merupakan tim sukses Bupati Poso dan Wakil Bupati dengan tagline DAS ini dengan tegas menepis dan menolak adanya tudingan tersebut.

“Yang jelas kami tulus membantu masyarakat, kalau pun ada tudingan seperti itu, semua ini jelas dilakukan oleh oknum-oknum lawan politik DAS yang coba memprovokasi. Apa yang tim DAS lakukan selama ini, yang dilihat oleh masyarakat Poso adalah salah satu bentuk dukungan kami terhadap program pemerintah daerah saat ini, tentunya dengan cara-cara dan nilai yang positif. Jadi tidak ada yang namanya mengendalikan," kata Aceo, melalui sambungan telefonnya, Kamis (7/4/2016).

Dirinya juga menjelaskan, kalau soal kehadirannya mendampingi Bupati Darmin saat berkunjung ke lokasi Pasar Tradisional Bersih Sintuwu Maroso (PTBSM) pada hari Rabu (6/4/2016) lalu karena terdorong adanya rasa keterpanggilan dirinya untuk membantu bupati dalam hal memberikan masukan. Sekaligus penjelasan soal kondisi pasar dari sisi teknis tata konstruksinya. Itu pun menurutnya, baru akan Ia jelaskan apabila Bupati Darmin membutuhkan saran dan pendapatnya.

"Tim DAS pada prinsipnya akan selalu berada di belakang dan akan terus mengawal visi-misi pemerintahan yang ada saat ini, dengan satu tujuan membangun daerah ini ke arah yang jauh lebih baik lagi dari masa pemerintahan sebelumnya," pungkasnya.

Seperti diketahui, saat pihak Pemda Poso yang dipimpin Bupati Darmin Agustinus Sigilipu dan Wakil Bupati Samsuri melakukan sidak dipasar baru pasar sentral tradisional bersih Sintuwu Maroso di Kelurahan Kawua, Kecamatan Poso Kota Selatan, Rabu (6/4/2016) lalu. Ada hal yang menarik menjadi buah bibir para pedagang yang saat itu melihat proses sidak berlangsung.

Dimana sosok Hendrik Lyanto atau lebih dikenal Aceo itu lebih banyak berperan mengatur proses sidak yang saat itu dipimpin Bupati Poso Darmin Sigilipu, wakil bupati dan sejumlah kadis yang bersangkutan. Dalam aksinya itu bupati dan wakil bupati hanya terlihat diam dan menatap ketika Aceo yang merupakan pengusaha sukses dan tim sukses DAS itu berbicara ke pedagang saat mendengar keluhan pedagang

"Bupati dan wakil bupati sudah mengecek langsung keluhan para pedagang selama ini, pedagang tenang saja akan ada upaya dari bupati untuk memaksimalkan fasilitas yang kurang disini," kata Hendrik Lyanto, kepada sejumlah pedagang di pasar baru saat sidak.

Tak hanya itu, beberapa kali Aceo juga menegur Kadis Kuperindag Rusnah Mangun, yang saat itu mengikuti sidak soal fasilitas pembangunan di pasar baru. Bahkan, sesekali Aceo memarahi para pengurus pasar baru. Aceo juga menyampaikan ke pedagang, jika kepemimpinan bupati saat ini berbeda dengan bupati sebelumnya.

Saat sidak berlangsung, Aceo turut memperlihatkan kebaikannya dengan membeli jualan pedagang yang saat itu mengaku rugi dan tidak laku karena aktifitas pasar yang sepi dari pembeli.

"Tenang saja para pedagang, bupati sudah turun ke lokasi, nanti jualan ibu saya beli semuanya kalau tidak laku," ungkap Aceo kepada para pedagang yang diikuti tepukan tangan.


Editor : Subandi Arya

Tags: 
Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.