Tuesday, 25 September, 2018 - 05:45

Aco Malino Gagal jadi Cabup

PLENO - KPU Parimo menggelar rapat pleno hasil verifikasi faktual dukungan KTP pasangan ANNAS, Minggu 11 Maret 2018. (Foto: Ist)

Parimo, Metrosulawesi.com – Rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Parigi Moutong (Parimo) memutuskan pasangan Anwar H Saing-Asrudin (ANNAS), tidak memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai calon bupati dan wakil bupati.

Keputusan itu diambil setelah KPU Parimo menggelar rapat pleno penetapan rekapitulasi hasil verifikasi faktual dukungan perbaikan bakal calon perseorangan pasangan ANNAS pasca putusan Panwaslu Kabupaten Parimo, di aula kantor KPU Parimo, Minggu 11 Maret 2018.

Ketua KPU Parimo Amelia Idris usai rapat pleno mengatakan, sesuai Peraturan KPU No 3 tahun 2017 tentang pencalonan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, dan Bupati dan wakil bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota, sebagaimana telah diubah dengan PKPU Nomor 15 tahun 2017 yang mengatakan berdasarkan pertimbangan bahwa KPU Parimo tentang penetapan pasangan calon hasil rekapitulasi dukungan bakal calon perseorangan pasca putusan panwaslu dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Parimo tahun 2018.

“Untuk itu KPU kabupaten Parimo memutuskan terkait penetapan bakal paslon perseorangan ANNAS yang mana jumlah dukungan terakhir yang memenuhi syarat berjumlah 13.716 dukungan yang beredar di 23 kecamatan yang ada di Parimo, dan pendukung yang memenuhi syarat berdasarkan hasil rekapitulasi dukungan perbaikan paslon perseorangan pasca putusan panwaslu adalah jumlah dukungan sebanyak 319 orang dengan jumlah sebaran sebanyak 4, sehingga berdasarkan poin 1 dan poin 2 bahwa pendukung yang memenuhi syarat paslon ANNAS jumlah dukungannya hanya mencapai 14.035 pendukung yang tersebar di 23 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Parimo,” ungkap Amelia.

Dia juga mengatakan, berdasarkan jumlah dukungan paslon ANNAS yang memenuhi  syarat hanya berjumlah 14.035 dukungan, sehingga KPU Parimo menyatakan bahwa Paslon ANNAS tidak memenuhi syarat untuk mengikuti Pilkada tahun 2018.

“Untuk itu kami KPU kabupaten Parimo menyatakan bahwa Paslon ANNAS tidak dapat mengikuti atau menjadi peserta pemilihan bupati dan wakil bupati kabupaten parimo tahun 2018, di karenakan jumlah dukungan paslon perseorangan tersebut hanya berjumlah 14.035 dukungan,” tutup Amelia.


Editor: Elwin