Sunday, 22 July, 2018 - 09:34

Ada Layanan e-KTP di Palu Nomoni

Abd Haris Yatolembah. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sulteng, Abd Haris Yatolembah mengungkapkan akan kembali membuka pelayanan e-KTP bagi masyarakat. Dia menyebutkan pelayanan dibuka di perhelatan Pesona Palu Nomoni III pada September mendatang.

“Atas permintaan pak walikota kami akan membuka layanan e-KTP di Pesona Palu Nomoni,” ungkap Haris kepada Metrosulawesi, Selasa, 15 Mei 2018.

Haris mengatakan pihaknya akan menyiapkan 5 ribu keping blanko e-KTP selama pelayanan di Palu Nomoni. Pelayanan ini dikhususkan bagi masyarakat Kota Palu yang belum memiliki e-KTP atau akan melakukan penggantian disebabkan kehilangan/kerus fisik e-KTP.

“Rencananya nanti pelayanan kami buka selama tiga hari pelaksanaan Pesona Palu Nomoni,” kata dia.

Pembukaan pelayanan sepenuhnya akan melibatkan Disdukcapil Kota Palu selaku pemilik wilayah. Adapun Disdukcapil Sulteng memfasilitasi penyediaan blanko e-KTP dan mengkordinir pelayanan.

“Kami pastikan pelayanan yang dibuka tetap gratis untuk semua masyarakat Kota Palu,” tutur Haris.

Pelayanan e-KTP sebelumnya telah dibuka di Lapangan Vatulemo selama tiga hari mulai Jumat sampai Minggu, 11-13 Mei. Pelayanan tersebut merupakan rangkaian launcing Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) tingkat Provinsi Sulteng.

Gerakan ini dilauncing langsung Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh di Palu, Jumat, 11 Mei 2018. Dilauncingnya GISA ditarget bisa meningkatkan kepemilikan dokumen kependudukan masyarakat. Hal itu sesuai tujuan GISA yakni suatu gerakan untuk membangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan.

“Pelayanan yang dibuka di Palu Nomoni juga karena mengingat antusias masyarakat selama pembukaan layanan e-KTP di Lapangan Vatulemo. Kami berharap itu bisa meningkatkan capaian kepemilikan dokumen kependudukan, khususnya e-KTP,” tandas Haris. 


Editor: M Yusuf Bj