Tuesday, 30 May, 2017 - 19:11

ADD Poso Tahap II Belum Cair

ILUSTRASI - Alokasi Dana Desa. (Grafis : Dok Metrosulawesi)

Poso, Metrosulawesi.com - Pihak aparat Pemerintahan desa se Kabupaten Poso, mulai jenuh dengan janji pihak Pemkab Poso terkait pencairan dana desa dan Alokasi Dana Desa (ADD).  Pasalnya, janji pencairan tahap II Dana Desa serta ADD sejak Oktober hingga jelang medio bulan November 2016 ini, ternyata belum juga dibayarkan.

Kondisi ini juga semakin menguatkan dugaan perihal kosongnya Kas Pemkab Poso saat ini. Hal sebagaimana rumor yang berkembang di masyarakat jika keuangan Pemkab Poso saat ini lagi mengalami devisit anggaran.

Padahal terkait Dana desa serta ADD, sebagaimana kententuan yang berlaku serta berdasarkan penyampaian oleh pihak auditor Utama Keuangan Negara BPK RI, Safrudin Mosii dan BPK Sulteng, pada acara sosialisasi dana desa anggaran tahun 2016, bertempat Rujab Poso, pada 17 Juli 2016 lalu, bahwa untuk pencairan tahap pertama dana desa pada Maret atau April, sementara untuk pencairan tahap dua pada Agustus.

Namun faktanya, untuk Kabupaten Poso pencairan dana desa dan ADD tahap pertama pada mulai 16 Juli lalu, sementara untuk tahap kedua belum ada kejelasan hingga November ini.

Lambatnya pencairana dana desa tahap dua atau sekitar 40 persen dari anggaran dana Desa Poso senilai Rp87 miliar dan ADD senilai Rp 68 miliar ini, membuat kinerja pemerintahan aparat desa mulai menurun.

Selain itu agenda kegiatan yang merupakan kelanjutan yang di biayai oleh anggaran kedua dana tersebut, akhirnya harus terhenti. Padahal pencairan tahap II sisa anggaran masih sebesar kurang lebih 40 hari. Apalagi mengingat waktu tahun anggaran 2016 yang hanya menyisakan waktu kurang lebih dua bulan.

Kepala Bagian Pemerintahan Desa Pemda Poso, Yunirson Penyami belum lama ini mengatakan, penyebab belum adanya pencairan dana desaa dan ADD, karena adanya kendala pada bagian keuangan Pemkab Poso, yang beralasan belum dibuatnya Surat Penyediaan Dana (SPD).

Namun saat selesainya surat SPD dibuat, bagian keuangan kembali mengelak kalau anggaran belum bias dicairkan kerena belum adanya tanda tangan dari kepala Badan Keuangan, Rudi Rompas dan kepala Bidang Keuangan Poso terkait Surat Perintah Membayar (SPM).

“Iya, sampai saat ini belum ada desa yang cair dana desa dan ADD, alas an dari pihak bagian keuangan karena, SPM itu belum di tandatangani oleh Kaban dan Kabid,” tuturnya.

Menurutnya, dana Desa dan ADD telah berada di Kas Daerah Pemda Poso. Dimana dana dana tersebut akan dialokasikan pada 142 Desa yang ada di Kabupaten Poso, setelah siap dengan persyaratan untuk pencairan tahap dua.


Editor : Udin Salim

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.