Wednesday, 19 September, 2018 - 18:52

AGRC STMIK Adhi Guna Palu Optimis Raih Juara KRI Regional

FOTO BERSAMA - Tim Adhi Guna Robotech Club (AGRC), STMIK Adhi Guna Palu saat foto bersama dengan pembimbing dan dosen, di bandara Sis Aljufri Palu, sebelum berangkat ke Jakarta dalam mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI), Kamis pekan lalu. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - STMIK Adhi Guna Palu kembali memberangkatkan mahasiswanya yang tergabung dalam Adhi Guna Robotech Club (AGRC) mengikuti event tahunan Kontes Robot Indonesia (KRI) yang digelar oleh Menristek Dikti RI, 11-14 Mei 2018. Peserta Kontes Robot Indonesia Regional II yang digelar di Universitas Tarumanagara Jakarta ini meliputi wilayah Jakarta, Jawa Barat, dan Pulau Sulawesi.

“Di kontes ini ada beberapa devisi yang diperlombakan, diantaranya robot pemadam api, robot pemain bola, serta robot skala internasional yang setiap tahun diadakan di Asia Pasifik, namanya Divisi Ebio Robot Com. Maka untuk kali ini tuan rumah menentukan yang diperlombakan yakni robot lempar bola,” kata Adrin di Bandara Sis Aljufri Palu, Kamis pekan lalu.

Dari lima divisi yang ditentukan oleh panitia, Adrin mengungkapkan tim AGRC Palu hanya mengikuti tiga divisi.

“Tiga divisi yang diikuti oleh mahasiswa kami adalah robot pemadam api, robot pemain bola, dan robot lembar bola. Masing-masing divisi memiliki nama kontes yang berbeda, misalnya Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), kemudian Kontes Robot Pemadam Api Indonesia, serta Kontes Robot Sepak Bola Indonesia,” jelasnya.

Adrin mengatakan, mahasiswa yang mengikuti lomba ini sekitar 15 orang, diantaranya tim pemadam api tiga orang didampingi satu pembimbing senior, tim bola ada empat orang juga didampingi pembimbing, serta tim lempar bola atau KRAI tiga orang dengan satu pembimbing.

“Setiap tahunya kontes robot Indonesia ini diikuti oleh mahasiswa atau UKM STMIK Adhi Guna Palu, dan setiap mengikuti lomba tersebut, kami bisa meraih prestasi yang cukup baik di level regional maupun nasional. Maka untuk tahun ini kami berharap prestasi itu terus meningkat,” katanya.

Adrin mengungkapkan nama STMIK Adhi Guna sangat aktif di perlombaan robotika Indonesia, Adhi Guna Robotech Club sudah sangat dikenal di tingkat nasional. Olehnya prestasi ini akan dipertahankan dengan baik.

“Karena untuk masuk diperlombaan ini tidaklah mudah. Seluruh penguruan tinggi swasta atau negeri di Indonesia yang mengikuti perlombaan ini harus melalui beberapa tahapan dan seleksi hingga bisa lolos. Namun STMIK Adhi Guna setiap tahunnya bisa melewatinya,” ujarnya.

Sementara Ketua Tim Adhi Guna Robotech Club, Moh Rifki mengaku akan berusaha dan optimis untuk bisa meraih juara 1 di kontes robot regional ini.

“Di kontes robot Indonesia tahun lalu, kami pernah meraih juara III. Olehnya kami berharap prestasi yang kami raih bisa lebih meningkat hingga mencapai Juara 1, dan dapat membanggakan Provinsi Sulteng,” ujarnya.

Kata dia, dukungan dari pemerintah provinsi  Sulteng sangat baik. Belum lama ini, Tim AGRC diberikan apresiasi dan bantuan dari Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng, Hidayat Lamakarate.


Editor: M Yusuf Bj