Saturday, 25 November, 2017 - 11:48

Ahmad Ali: Belum Ada Komunikasi dengan Gerindra Soal Koalisi di Pilkada Donggala

ILUSTRASI - Mohammad Yasin dan Kasman Lassa. (Grafis : Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Partai Gerindra memutuskan untuk mengusung petahana Bupati Donggala Kasman Lassa yang berpasangan dengan Ketua DPRD setempat Mohammad Yasin pada pemilihan kepala daerah kabupaten tersebut 2018 mendatang.

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra sendiri telah mengeluarkan surat rekomendasi dukungan kepada pasangan tersebut Nomor 09-439/Rekom/DPP-GERINDRA/2017 tanggal 6 September 2017 yang ditandatangani Ketua Umum Prabowo Subianto dan Sekjen H. Ahmad Muzani.

Bupati Donggala, Kasman Lassa merupakan Ketua DPD Partai Nasdem Donggala sementara M Yasin merupakan kader Partai Gerindra.

Surat tersebut sekaligus memerintahkan kepada Partai Gerindra Kabupaten Donggala untuk segera melakukan koordinasi dengan bakal calon bupati dan wakil bupati terkait persiapan pencalonan tersebut.

Gerindra Donggala juga diminta untuk mengamankan dan memenangkan pencalonan pasangan Kasman Lassa-Moh. Yasin dengan mengerahkan semua potensi yang dimiliki serta melibatkan anggota DPR dan DPRD parovinsi dan kabupaten/kota serta pengurus anak cabang dan ranting Partai Gerindra.

Ketua DPD Partai Gerindra Sulteng, yang dikonfirmasi terkait kebenaran rekomendasi itu mengatakan, menurut informasi dari DPP, rekomendasi tersebut benar. Untuk lebih jelas, Longki pun meminta agar wartawan media ini menanyakan langsung ke DPP.

“Mnrt info Dr dpp rekom itu benar. Biar jelas Silahkan ditanya ke dpp krn yg mengeluarkan rekomendasi itu dpp,” tulis Longki melalui pesan WA kepada Metrosulawesi.

Sementara itu Ketua DPW Partai Nasdem Sulteng Ahmad M Ali mengaku belum mengetahui mengenai dukungan Partai Gerindra kepada Kasman Lassa yang juga Ketua DPD NasDem Donggala itu.

“Saya belum mau menanggapi hal itu, karena secara resmi kami belum pernah ada komunikasi dengan Partai Gerindra untuk bicara soal koalisi,” kata Ahmad Ali melalui hubungan telepon tadi malam.

Meski demikian kata Ahmad Ali, sebagai ketua Partai Nasdem Sulteng pihaknya berterima kasih, jika rekomendasi dukungan itu benar adanya.

“Partai Nasdem sangat berhati-hati menyikapi ini, karena kita punya pengalaman yang tidak mengenakkan pada pilkada Poso tahun 2015 lalu, di mana Partai Gerindra memberikan rekomendasi kepada Ketua DPRD Gerindra Poso, Sony Tandra, tapi belakangan rekomendasi itu dicabut pada saat pendaftaran, dan diberikan kepada orang lain,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris DPW Nasdem Sulteng Muslimun. Dia menegaskan, sejauh ini belum ada pembicaraan politik antara Gerindra dan Nasdem terkait Pilkada Donggala. 

"Kami menghormati sikap Gerindra yang mengusung kader Nasdem sebagai calon Bupati. tetapi itu belum final bagi Nasdem, selain punya pengalaman pahit, sejauh ini belum ada komunikasi politik yang dibangun kedua partai ini," ujar Muslimun.

Kasman Lassa merupakan kader Partai Nasdem yang akan diusung partai politik besutan Surya Paloh pada Pilkada Donggala 2018 mendatang namun belum memutuskan pasangannya sebagai bakal calom wabub.

KPU Donggala akan mengumumkan pendaftaran pasangan calon pada 1 Januari 2018 berakhir tanggal 7 Januari 2018 mendatang. Kemudian pendaftaran pasangan calon dimulai pada tanggal 8 Januari-10 Januari 2018. (ant/el)


Editor : Udin Salim

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.