Sunday, 17 December, 2017 - 15:58

Alumni Unismuh Palu Diminta Jaga Aqidah dan Akhlaq

WISUDA XLVI - Dr. H Rajindra Rum, SE MM saat mengukuhkan wisudawan dan wisudawati di Gedung Islamic Center Unismuh Palu. (Foto : Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu mengukuhkan 205 sarjana dari delapan fakultas dalam Wisuda Sarjana ke-46 kampus tersebut, Rabu, 15 November 2017.

Dalam pesan akademiknya, Rektor Unismuh Palu Dr. H Rajindra Rum, SE MM meminta agar wisudawan dan wisudawati menjaga aqidah yang bersih.

“Jangan lalai dalam beribadah. Setelah anda sarjana seharusnya semakin dekatlah saudara kepada Allah SWT. Kerena semakin dekat kepada Allah SWT, maka pertolongan dan kesuksesan yang anda cita-citakan Insyah Allah dapat tercapai,” jelasnya.

“Seorang muslim akan memiliki ikatan yang kuat kepada Allah SWT, jika ikatan yang kuat itu, tidak menyimpang dari jalan dan ketentuan-ketentuanya. Jagalah akhlaq kalian, karena dengan akhlaq yang mulia, manusia akan menjadi bahagia dalam hidupnya, baik di dunia, terlebih-lebih di akhirat,” katanya.

Selain itu, Rajindra meminta agar para alumni menjadi pribadi yang penuh semangat, optimis serta tidak mudah putus asa. Putus asa bukanlah sifat-sifat orang yang beriman.

“Yakinlah bahwa Allah akan merubah nasib kita sepanjang kita selalu berusaha dengan keras untuk merubah nasib itu menuju kepada kebaikan-kebaikan. Teruslah belajar dan belajar, karena ilmu sangat luas,” ujar Rajindra.

Rajindra mengungkapkan yang diperoleh selama kuliah tidak ada artinya dibandingkan dengan keluasan ilmu dari Allah SWT yang dibentangkan dijagat raya ini untuk dibaca dan dipelajari. Oleh karena itu, terus tingkatkan dan kembangkan kemampuan diri setelah di tengah-tengah masyarakat.

“Maka dari itu kami mengharapkan, kemampuan dan profesionalisme yang saudara miliki, hendaknya jangan hanya menjadi pencari kerja, tapi justru anda  diharapkan menjadi bagian dari  masyarakat pencipta lapangan kerja,” imbuhnya.

Unismuh Palu, kata Rajindra, menanti dengan tangan terbuka upaya dan niat baik dari para alumni untuk membantu Unismuh dan turut serta meningkatkan bakti kepada masyarakat, agama, bangsa dan negara.

Disisi lain, kata Rajindra, karena momentum wisuda tersebut bertepatan dengan Milad Muhammadiyah ke 105 M/108 H, tentunya segenap Civitas Akademika Unversitas Muhammadiyah Palu sangat bersyukur dan bahagia.

“Karena kegiatan ini mencerminkan bahwa Unismuh Palu secara akademik sedang terjadi proses yang dinamis dalam pembelajaran yang konsisten sehingga dapat melahirkan sarjana-sarjana yang kompoten dibidangnya masing-masing,” katanya.
 
“Unismuh Palu sedang dalam proses perjalanan sejarah untuk tumbuh dan berkembang dan mengalami perubahan menuju pada peningkatan kualitas, baik administrasi akademik maupun kelembagaan,” katanya.

Oleh karena itu, kata Rajindra, untuk menjadikan Unismuh Palu sebagai pusat pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang unggul, berbasis  Tekhnologi Informasi dan mampu berkompetisi secara nasional, maka rasionalisasi visi yang unggul di fokuskan pada empat dimensi, yakni Tri Dharma Perguruan Tinggi, Tekhnologi Informasi, Kompetisi dan Komitmen.

“Hal tersebut untuk mewujudkan lulusan dan civitas akdemika yang memiliki pola pikir dan perilaku yang kreatif dan inovatif, tanggap terhadap perubahan lingkungan,” ujarnya.


Editor : M Yusuf Bj

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.