Thursday, 16 August, 2018 - 18:39

Anggun Pendaftar Terakhir Cabup Poso

Para kandidat Balonbup Poso dari Demokrat tampak akrab. (Foto : Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Kehadiran Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat (PD) Poso, Anggun Lieputera, dalam psikotes Bakal Calon Bupati (Balonbup) PD di Hotel Mercure Palu, Sabtu, (31/1) mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, nama Ketua DPD KNPI Poso itu selama ini belum  pernah disebut-sebut dalam bursa Balonbup Poso dari PD.

Iswanto Sunaryo, salah seorang Balonbup Poso yang tengah mengikuti psikotes, menyatakan cukup kaget juga.

"Artinya semakin ketat persaingan untuk mendapat perahu demokrat, tapi namanya politik semua dinamis, bersaing secara elegan, kami sangat hormati majunya Anggun dalam bursa Balonbup ini," terang Iswanto.

Anggun sendiri tidak banyak berkomentar terkait pilihan politiknya maju dalam bursa Balonbup PD.

"Kita mengikuti proses yang berjalan saja, yang jelas niat kita untuk mengabdi kepada masyarakat," katanya singkat.

Anggun ikut spikotes gelombang kedua bersama 19 Balonbup PD dari Kabupaten dan Kota di Sulteng. Menurut Koordinator Kelompok Kerja (Pokja) PD wilayah Poso, Touna, Morowali Utara, Yani Mamuaya, Anggun Lieputera adalah Balonbup yang mendaftar paling akhir di PD pada tanggal 17 Januari lalu.

"Memang nama beliau (Anggun Lieputera) tidak masuk dalam rilis yang tulis media, karena saat itu DPD jumpa pers pukul enam sore, sementara Anggun mendaftar malam setelah jumpa pers," kata Yani di sela-sela psikotes.

Dari delapan Balonbup Poso yang ikut konvensi PD untuk Pilkada 2015, yang ikut psikotes hanya tujuh kandidat masing-masing Iswanto Sunaryo, Soni Tandra, Amdjad Lawasa, Yani Mamuaya, Teddy Salawati, Anggun Lieputera, dan Milton Djaniba. Sementara satu kandidat lainnya yakni  Rizal Calfari Morimbo, absen. Demokrat Poso diperebutkan karena menguasai  mayoritas kursi di DPRD dengan jumlah 8 dari 30 jumlah kursi DPRD.

"Yang tidak ikut psikotes masih akan dibahas dalam pleno Pokja, bisa saja digugurkan," kata Yani.

Sejauh ini, tahapan penjaringan Balonbup PD yang sudah berjalan adalah tahapan pengumpulan berkas dan psikotes. Menyusul tes kesehatan yang akan berlangsung mulai 6 Februari.

Psikotes yang berlangsung sejak Kamis lalu dibagi dalam dua kelas diikuti 31 Balonbup PD yang berakhir Minggu 1 Februari. Dari  47 Balonbup yang mendaftar di DPD PD, hingga saat ini tinggal 31 Balonbup yang mengikuti tahapan penjaringan.

"Mereka yang tidak mengikuti tahapan secara otomatis gugur sebagai kandidat dari PD," urai Yani.