Tuesday, 22 May, 2018 - 04:10

Antisipasi ISIS, Imigrasi Palu Perketat Penerbitan Paspor

Kepala kantor Imigrasi kelas 1 Palu, Tantawi Jauhari. (Foto : M Yusuf BJ/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Kantor Imigrasi Kelas 1 Palu, Sulawesi Tengah memperketat izin penerbitan paspor bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang akan keluar negeri khususnya ke negara timur tengah. Hal ini terkait kekhawatiran penyebaran paham ISIS.

Pembuatan paspor bagi WNI yang akan berangkat umroh ke Mekkah juga diperketat. Imigrasi kelas 1 Palu mewajibkan warga yang hendak umroh melampirkan syarat keterangan dari agen Travel yang memberangkatkan, serta melampirkan KTP dan Kartu Keluarga (KK) asli.

Kepala kantor Imigrasi kelas 1 Palu Tantawi Jauhari, Sabtu 18 juni 2016 mengatakan pihaknya juga akan melakukan pengetatan penerbitan paspor saat sesi wawancara dan pengambilan foto calon pemilik paspor. Kata dia, petugasnya tak akan segan untuk membatalkan penerbitan paspor jika ada hal yang mencurigakan.

Tantawi mengatakan pengetatan izin ini dilakukan pihaknya untuk mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan paspor. Selain memperketat penerbitan paspor, kata Tantawi, pihaknya juga akan memperketat pengawasn Warga Negara Asing (WNA). Hal ini untuk mengantisipasi masuknya kelompok militan ISIS ke Indonesia.


Editor : Syamsu Rizal

Tags: