Thursday, 16 August, 2018 - 20:00

Antrian Kendaran di Nupabomba Capai 1000 Meter

Tampak antrian kendaraan di Karumba Nupabomba. (Foto : Moh Rizal/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Antrian panjang kendaraan roda dua maupun roda empat kembali terjadi di Jalan Trans Sulawesi (Jalur Kebun Kopi) yang berada di Dusun IV Karumba Desa Nupabomba Kecamatan Tanantovea.

Antrian panjang ini disebabkan karena adanya pekerjaan rekonstruksi dan penanganan Lereng Nupabomba  - Kebun Kopi – Toboli II sehingga diberlakukan sistem buka tutup jalan.

Sesuai dengan surat izin kegiatan/buka tutup jalan dari Direktur Lalu Lintas Polda Sulawesi Tengah untuk keamanan dan kelancaran pekerjaan konstruksi dan penanganan lereng Nupabomba – Kebun kopi – Toboli II akan diberlakukan buka tutup jalan dari tanggal 23 maret 2016 sampai dengan 18 september 2016.

Pantauan Metrosulawesi sejumlah pengendara yang akan melintasi jalur trans yang menghubungkan Kota Palu dan Kabupaten Parigi Moutong ini, nampaknya belum mengetahui jika jalur Kebun Kopi ini sedang diberlakukan sistem buka tutup. Hal itu dapat dilihat dari panjang antrian kendaraan sekitar satu kilometer, baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

Salah seorang pengendara Lukman, jurusan Morowali mengaku, tidak mengetahui jika sedang diberlakukan penutupan jalan.

‘’Saya tidak tahu kalau dilakukan buka tutup jalan,  padahal saya sedang buruh buruh, sebab ada keluarga yang sedang sakit,’’ sebutnya mengaku sudah pasrah menunggu berjam-jam.

Menurutnya, sejak pukul sembilan sudah berada di kebun kopi, namun petugas bilang nanti sekitar pukul 12.00 baru akan dibuka kembali.

Sementara di sisi lain, kegiatan penutupan jalan ini membawa berkah tersendiri bagi para pedagang gogos dan burasa. Hal ini disebabkan karena penjualan mereka meningkat semenjak diberlakukanya buka tutup jalan sejak bulan Maret  tersebut.

Salah seorang pedagang gogos dan buras Marisa mengaku, mendapatkan untung  dua kali lipat dari penghasilan 100 ribu naik menjadi 200 ribu perharinya.

‘’Alhamdulilah, hari hari biasa cuma Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu sekarang bisa dapat sampai Rp 150 ribu  hingga Rp 200 ribu ’’ ujarnya.

Jadwal buka tutup jalur lintas Palu – Parigi dan sebaliknya dari pukul 08.00 wita sampai dengan 12.00 wita dan akan  buka pada pukul 12.00 wita sampai dengan 14.00 wita, kemudian  akan tutup kembali pada pukul 14.00 wita  sampai dengan 18.00 wita, dan akan  buka kembali pada pukul 18.00  sampai dengan pukul  08.00 wita.


Editor : Masruhim Parukkai

Tags: