Sunday, 26 February, 2017 - 18:31

APBD Donggala 2017 Rp1,1 Triliun Lebih

USAI SIDANG - Bupati Donggala Kasman Lassa (kiri) foto bersama Ketua DPRD Donggala, Moh Yasin. (Foto : Ist)

Donggala, Metrosulawesi.com - Delapan fraksi DPRD Kabupaten Donggala menyampaikan pandangan akhir terhadap rancangan anggaran pendapatan belanja daerah (RAPBD) Kabupaten Donggala tahun 2017, di hadapan paripurna yang dipimpin langsung Ketua DPRD kabupaten Donggala, Moh Yasin dan  dihadiri Bupati Donggala, Drs Kasman Lassa bertempat di ruang sidang utama DPRD Kabupaten Donggala, Jumat 30 Desember 2016 lalu.

Masing-masing fraksi menyampaikan pendapat akhir fraksinya atas RAPBD 2017 untuk ditetapkan menjadi peraturan daerah yang intinya menyetujui anggaran pembangunan pemerintahan Kabupaten Donggala di tahun 2017 sekitar Rp1,1 triliun lebih. Namun, kritik dan saran juga disampaikan sejumlah fraksi agar anggaran yang disetujui lebih mengutamakan dan memprioritaskan kepentingan masyarakat.

“Kiranya anggaran tahun 2017 lebih memprioritaskan kebutuhan dan keberpihakan kepentingan masyarakat Donggala, menekan efektivitas belanja pegawai menurut sejumlah fraksi peningkatannya sangat signifikan,” pandangan akhir salah satu fraksi DPRD Donggala.

Bupati Donggala Kasman Lassa mengatakan, sangat mengapresiasi tindak lanjut pembahasan anggaran untuk pembangunan, pemberdayaan masyarakat kabupaten Donggala yang telah diamanatkan undang-undang oleh DPRD Donggala.

”Terimakasih saya ucapkan kepada Dewan yang telah mencurahkan seluruh tenaga dan pikiran membahas tindak lanjut anggaran pembangunan ini walaupun dalam pembahasan ada pandangan yang berbeda tetap kita sepakati bersama dan berkomitmen tinggi demi pembangunan kabupaten donggala yang lebih maju,” kata Bupati Kasman.

Bupati Kasman juga menyampaikan sambutannya dalam agenda paripurna yang berbeda pada hari yang sama, yakni paripurna Istimewa penutupan masa sidang ketiga tahun 2016 dan pembukaan sidang tahun 2017 DPRD Kabupaten Donggala yang menjelang sore hari itu, Bupati Kasman mengatakan DPRD telah melaksanakan fungsi pengawasan dan evaluasi yang dilaksanakan pemerintah daerah yang akan menjadi perhatian dan masukan dalam melaksnakan program pembangunan dan kemasyrakatan.

”Untuk mewujudkan visi  misi pemerintah kabupaten Donggala, yakni terwujudnya masyarakat kabupaten Donggala yang maju dan sejahtera  berbasis sumber daya manusia dan pembangunan berkelanjutan, Pemerintah Kabupaten Donggala  merencanakan ranperda untuk dibahas pada sidang pertama di tahun 2017 ada 7 ranperda pembahasan lanjutan dan 6 ranperda baru untuk dibahas di tahun 2017,” pungkas Kasman.

 
Editor : Udin Salim

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.

Bintang Delapan