Friday, 20 April, 2018 - 14:39

APK Pilwakot Tiba

Agussalim Wahid. (Foto : Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Agussalim Wahid memastikan, Sabtu (5/9/2015) Alat Peraga Kampanye (APK) untuk tiga pasangan calon, tiba di kota Palu dengan menggunakan pesawat.

“Menurut informasi APK sudah dikirim, jadi besok sudah sampai,” katanya, Jumat (4/9/2015) di ruang kerjanya.

Agussalim menjelaskan sebelum APK diserahkan ke pasangan calon (paslon) harus dilakukan sortir terlebih dahulu. 

“Penyortiran dilakukan untuk mengetahui jumlahnya saja, sebelum nantinya menyerahkan ke tim pasangan calon. Menurut PKPU, jalur penyerahan APK ini dari KPU menyerahkan kepada penghubung lalu ke tim kampanye. Kita mengundang tim paslon untuk menghitung APK tersebut,” katanya.

Lanjutnya, penyediaan APK sesuai kesepakatan antara KPU Palu dengan pasangan calon, yaitu lima  baliho perpasangan calon, satu spanduk perkelurahan dan 10 lembar umbul-umbul perkecamatan. 

Agussalim menegaskan bahwa KPU Palu tidak mengeluarkan biaya untuk perawatan APK. Menurutnya, perawatan APK harus dilakukan pasangan calon. 

“Tidak ada biaya perawatan APK. Jadi KPU meminta untuk tim pasangan calon menjaga masing-masing APK yang sudah disediakan oleh KPU. Karena anggaran hanya pengadaan saja, jadi harus saling menjaga,” ujarnya.

Sementara itu, terkait APK pasangan calon nomor urut 4 yakni Mulhanan Tombolotutu-Tahmidi Lasahido, Agussalim mengatakan masih dalam proses pengadaan. 

“Untuk APK calon nomor urut empat jelas ada dan sekarang dalam proses pengadaan.Karena prosesnya terlambat, sehingga membutuhkan waktu selama 14 hari. Prosesnya kan harus melakukan lelang lagi,” kata Agussalim.

Untuk penempatan baliho, kata Agussalim, berdasarkan PKPU, tiap pasangan calon akan diberikan lima titik pemasangan. 

“PKPU menjelaskan perkabupaten hanya diberi lima titik saja. Setiap pasangan calon mempunyai tempat yang sama di lima titik tersebut. Ini masih akan dikoordinasikan dengan pemerintah. Dimana tempat yang akan dipasangi baliho. Kami dan tim kampanye akan menyepakati titik tersebut,” ungkapnya.

 

Editor : M Yusuf Bj