Monday, 29 May, 2017 - 08:23

Bagai di Kebun Binatang, Puluhan Ekor Monyet Hibur Warga di Jalur Kebun Kopi

MONYET LIAR - Banyak masyarakat yang berhenti di jalur Trans Sulawesi, kebun Kopi, untuk melihat langsung segerombolan monyet liar di tebing pinggir jalan di jalur tersebut, Senin 2 Januari 2016. (Foto : Eddy/ Metrosulawesi)

Parigi, Metrosulawesi.com – Melewati jalur yang berkelok-kelok di kebun kopi membutuhkan tenaga ekstra. Bagi mereka yang tidak terbiasa, bisa saja terkena mabuk jalanan. Pada Senin 2 Januari, puluhan warga yang melewati jalur itu sempat terhibur dengan kehadiran puluhan monyet liar. Mereka sempat singgah dan memberikan makanan.

Wartawan Metrosulawesi yang kebetulan kembali dari berlibur di Parigi pun ikut singgah dan menyempatkan memberikan makanan kepada sekelompok monyet berekor pendek itu.

Tepat di kilometer 40 dari Kota Palu di tebing bekas pengerukan pelebaran jalan banyak terlihat monyet yang asyik duduk bersantai, mulai dari yang dewasa hingga yang masih kecil, bukan itu saja ada pula induk monyet yang sedang menggendong anaknya.

Hewan yang tergolong liar ini, tidak merasa takut dengan kehadiran manusia di sekitar mereka, bahkan masyarakat yang sekadar ingin melihat langsung, tapi juga berfoto.

Warga yang terhibur pun tergerak untuk memberikan makanan, mulai dari buah-buahan hingga bungkusan nasi yang dilemparkan ke atas tebing tempat para hewan tersebut berkumpul.

Dari pantauan Metrosulawesi dan sempat mengabadikan beberapa gambar, terlihat sekitar 20 ekor hewan liar tersebut dengan santainya menuruni tebing dan menghampiri makanan yang dilemparkan, walaupun makanan itu dilemparkan tidak jauh dari warga, sekitar tiga atau empat meter saja.

Beberapa warga yang berhenti dan ingin melihat langsung terlihat sangat terhibur, apa lagi ada warga yang membawa anak-anak.

Ernia Sampe, warga Kota Palu yang barusan berlibur Ke kabupaten Parimo beserta keluarganaya mengatakan, dirinya sengaja singgah untuk memperlihatkan kepada anaknya hewan yang hanya sering dilihat melalui layar kaca.

“Anak-anak sangat senang hingga saya harus membeli buah-buahan, agar anak-anak bisa memberikan monyet-monyet itu.

Senada dengan dengan Ernia, seorang warga yang akan berangkat ke Kabupaten Poso juga singgah untuk melihat hewan-hewan lucu itu.

“Kami merasa terhibur, dan anak-anak sangat senang, karena baru kali ini melihat monyet liar sebanyak ini. Lucu, apalagi yang masih kecil itu. Ingin menangkapnya dan pelihara,” ungkapnya.

Ratna, seorang warga setempat yang juga membuka warung makan di sekitar tempat itu, mengatakan, segerombolan monyet itu sudah sering turun dan mengambil makanan yang ditaruh di luar rumah.

“Sudah lama mereka turun. Pertama kali tidak banyak, ini sudah makin banyak. Saya tidak merasa terganggu, karena warung saya ramai yang singgahi, dan jualan buah-buahan saya banyak yang beli,” ungkapnya sembari melayani pembeli.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui apa penyebab hewan liar dan hidup berkelompok ini banyak berda di sekitar lokasi tersebut.


Editor : Udin Salim

Tags: 
Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.