Sunday, 24 September, 2017 - 16:47

Banggai Run 2017, Ajang Promosi Pesona Alam Banggai

Wakil bupati Banggai H Mustar Labolo saat memberikan konferensi pers peluncuran Banggai Run 2017 di salah satu Hotel di Kota Palu, Kamis, 8 Juni 2017. (Foto : Eddy/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Ajang perlombaan lari jarak menengah bertajuk Banggai Run 2017 segera digelar di Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah. Selain sebagai bentuk perayaan Hari Jadi Kabupaten Banggai, giat yang baru pertama kali dilaksanakan ini bertujuan untuk mempromosikan potensi daerah tersebut melalui wisata olah raga.

“Potensi alam Banggai untuk menjadi destinasi unggulan di wilayah Indonesia Timur sangat besar. Kami berharap melalui ivent sport tourism Banggai Run 2017 ini, dapat menarik wisatawan dalam dan luar negeri untuk berkunjung dan menikmati alam Banggai yang mempesona,” ungkap Wakil Bupati Banggai  H. Mustar Labolo dalam konfrensi Pers sekaligus peluncuran kegiatan Banggai Run 2017, di salah satu hotel di Kota Palu, Kamis, 8 Juni 2017.

Acara ini dihadiri pula oleh perwakilan sponsor yakni Direktur Urusan Koperasi PT. Donggi Senoro LNG, Aditya Mandala, Rece Director Pandara Sport, Andreas Kansil sebagai pelaksana lomba, dan Race Ambassador, Tika Bravani dan Dimas Aditya.

Rece Director Pandara Sport, Andreas Kansil menjelaskan Banggai Run 2017 akan digelar pada 9 Juli 2017 mendatang ini mengambil tempat di Jalan Trans Sulawesi, Luwuk – Batui, Kabupaten Banggai. Banggai Run 2017 memperlombakan lari jarak 5 Kilometer dengan kategori nasional dan umum.

“Untuk peserta kategori umum meliputi masyarakat Kabupaten Banggai, pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA), pelajar sekolah menengah pertama (SM). Ada juga kategori peserta TNI dan Polri, serta kategori peserta master yang berusia diatas 40 tahun. Pendaftaran lomba telah dibuka hingga 30 Juni 2017,” ungkapnya.

“Total hadiah yang disiapkan panitia mencapai Rp389 Juta. Kami menargetkan peserta yang terdiri dari pegiat komunitas olahraga lari, wisatawan sekaligus pengunjung dan masyarakat umum Kabupaten Banggai dan sekitarnya, untuk turut serta dalam event ini,” kata Andreas Kansil.

Menurutnya, dalam beberapa tahun terakhir ivent sport tourism semakin marak dan terbukti mampu menggait wisatawan nusantara maupun mancanegara. Sejumlah event sport tourism seperti Bali Marathon dan Tour de Singkarak, telah menjadi ajang tahunan yang ditunggu-tunggu.

“Inisiatif promosi wisata melalui olahraga ini mendapat dukungan dari berbagai pihak dan sponsor. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai Banggai Run 2017, dapat mengakses melalui hhtp://www.banggairun.com,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Urusan Koperasi PT.Donggi Senoro LNG, Aditya Mandala mengatakan ivent sport tourism semacam Banggai Run 2017 sangat tepat dilaksanakan untuk memperkenalkan potensi alam Kabupaten Banggai yang memiliki landscape pesisir pantai hingga pegunungan.

“Kami berharap kegiatan ini bisa mendukung target pemerintah Banggai untuk memperbanyak kunjungan wisatawan, selain mendukung kemajuan pembangunan daerah,” tambahnya.


Editor : M Yusuf BJ

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.