Saturday, 22 September, 2018 - 09:20

Bangun Sektor Pertanian

Ferdinan Herrys Wilson Puahadi. (Foto: Ist)

Poso, Metrosulawesi.com – Ferdinan Herrys Wilson Puahadi – putra Lore mendapat dorongan dari masyarakat setempat untuk maju menuju Parlemen (DPRD) Poso 2019 mendatang.

Adanya dukungan masyarakat Lore bersaudara akhirnya bersemangat untuk mendapatkan ‘’perahu’’ politik, dan kemudian mendapatkan Partai Berkarya sebagai kendaraannya untuk berjuang meraih cita-cita luhurnya dalam mengeman misi dan spirasi rakyat Lore bersaudara.

Hanya ada satu cita-cita yakni membangun desa dari sektor pertanian.

Sebab, harus diakui, katanya, wilayah pedesaan dipandang perlu dibicarakan secara terpisah, karena selain 80 persen penduduk bumi hidup di wilayah  desa, masyarakat pedesaan memiliki karakteristik  sendiri.
Selain itu, katanya, karakteristik sosial ekonomi penduduk pedesaan dan sumberdaya alam yang medukungnya sangat beragam antar belahan dunia.

Pembangunan desa bertolak dari proposisi bahwa mereka tidak dapat membangun dirinya sendiri. Mereka hanya akan berkembang bila mau berpartisipasi dalam aktifitas yang akan mempengaruhi kesejahteraan mereka sendiri. Penduduk tak akan berkembang bila hanya digembalakan seperti layaknya “binatang” ke padang rumput yang baru.

Sebagian kalangan melihat bahwa apa yang dilakukan dalam pembangunan pedesaan sama luasnya apa yang dimaksud dalam kosep “community development”. Membicarakan pembangunan pedesaan akan sampai kepada seluruh masalah yang berada di desa mulai dari masalah kemiskinan, pengembangan pertanian dengan memproduksi berbagai komoditas, pembangunan subsektor, kehutanan, gender, keagrariaan, dan permasalahan sumberdaya air (water resources).

Menurutnya, desa umumnya diasosiasikan sebagai wilayah dengan karakter pertanian, meskipun beberapa desa berbasiskan kegiatan penebangan kayu di hutan, pertambangan, eksplorasi minyak dan gas, dan bahkan turisme.

Semenjak dahulu, urainya, desa dengan kegiatan agrarisnya merupakan sumberdaya utama kehidupan kerajaan-kerajaan, dan desa merupakan unit sosial yang mandiri.

‘’Desa digambarkan sebagai suatu kesatuan masyarakat atau komunitas penduduk yang bertempat tinggal dalam suatu lingkungan, dimana mereka saling mengenal dengan baik. Corak kehidupan relatif homogen serta banyak tergantung pada alam,’’ terangnya.

Pembangunan pedesaan, sebutnya,  berdiri di atas paradigma untuk mengurangi kesenjangan kesenjangan dan kemiskinan. Tujuan adalah untuk kesejahteraan berupa peningkatan pendapatan atau pengeluaran riel secara rumah tangga maupun perkapita.

Tags: