Sunday, 22 July, 2018 - 22:22

Baterai Traffic Light Hilang, Polisi Masih Tunggu Laporan

Kaur Humas Polres Palu, Aipda I Kadek Aruna. (Foto: Eddy/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Beberapa hari terakhir, terlihat petugas dari Sat Lantas Polres Palu turun langsung mengatur arus lalu lintas di beberapa perempatan di Kota Palu. Pasalnya, beberapa lampu lalu lintas (traffic light) tidak dapat berfungsi seperti biasanya, diakibatkan beterai (aki) dari beberapa traffic light tersebut telah hilang.

Informasi yang berhasil di himpun, hilangnya baterai trafifc light tersebut sudah diketahui beberapa waktu lalu, namun saat di konfirmasi, pihak kepolisian Polres Palu belum menerima laporan adanya kerugiaan negara akibat hilangnya baterai traffic light tersebut. Dugaan sementara, baterai trafifc light  itu telah dicuri.

Kaur Humas Polres Palu, Aipda I Kadek Aruna saat dimintai keterangan, Senin, 26 Maret 2018, tidak dapat menjelaskan lebih jauh terkait kasus pencurian baterai traffic light tersebut, karena hingga saat ini, belum ada laporan resmi yang masuk ke Polres Palu.

“Kami belum bisa melakukan tindakan, hingga saat ini, belum ada laporan resmi yang masuk ke Polres Palu terkait hilangnya baterai lampu lalu lintas itu,” ungkapnya.

Kadek, yang juga pernah lama bertugas di Sat Lantas Polres Palu juga mengatakan bahwa baterai tersebut adalah baterai khusus yang hanya bisa digunakan oleh orang yang tahu soal kegunaan baterai tersebut.

“Melihat dari berbagai titik tempat hilangnya baterai yang di sasar oleh pelaku, kesemuanya disekitaran TKP, tidak dilengkapi dengan alat rekaman CCTV,” tambahnya.

Juru bicara Polres Palu itu juga mengungkapkan bahwa pelaku yang mengambil baterai lampu lalu lintas itu kemungkinan adalah orang yang paham soal kegunaan baterai tersebut, dan tahu titik mana saja yang tidak dilengkapi CCTV. Namun dirinya tidak berani mengatakan bahwa pelakunya merupakan orang dalam.

“Belum ada tindakan, karena sampai sekarang belum ada laporan, dan belum tentu juga orang dalam, namun bisa jadi juga orang dalam,” ungkapnya.

Kadek menambahkan kegunaan traffic light tentunya sangat dibutuhkan untuk mengatur kelancaran lalu lintas.

“Apabila lampu lalu lintas tidak berfungsi, maka turunlah anggota Sat Lantas Polres Palu untuk mengatur arus lalu lintas apabila mengalami kemacetaan yang cukup padat,” katanya.  

 

Editor: M Yusuf Bj