Sunday, 22 October, 2017 - 12:22

Bawaslu Dalami Pelanggaran Pilkada Banggai

Zaidul Bahri M. (Foto : Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Tengah mendalami dugaan pelanggaran yang terjadi di pilkada Kabupaten Banggai.

Kemarin, Ketua Panwas Kabupaten Banggai, Alwin Palalo dan Koordinator Divisi Pelanggaran Bobbi Dayanun memberikan keterangan di Bawaslu Sulteng Jalan Katamso, Palu.

Kedua Panwas Banggai itu diperiksa mulai sekitar pukul 16.00 Wita. Sampai tadi malam pukul 22.00 Wita, mereka masih berada di kantor Bawaslu Sulteng.

Koordinator Divisi Pelanggaran Bawaslu Sulawesi Tengah, Zaidul Bahri kepada Metrosulawesi mengatakan, pemeriksaan terhadap Ketua Panwas Kabupaten Banggai tersebut sekaitan dengan adanya laporan dari pasangan calon nomor urut 2 di Pilkada Banggai.

Pasangan nomor urut 2 Ma’mun Amir-Batia Sisilia Hadjar melaporkan adanya pelanggaran kepada Bawaslu RI beberapa waktu lalu.

Dalam pemeriksaan di Bawaslu Sulteng ada empat poin yang menjadi fokus untuk didalami.

“Yang pertama terkait dengan kejadian di TPS 9 dengan di TPS 10 di sana. Bahwa ada laporan dari tim kampanye nomor 2 bahwa ada salah satu paslon yang memasukli lokasi TPS sebelum proses perhitungan selesai,” kata Zaidul.

Kemudian, lanjut dia, kedua terkait dengan tindak lanjut laporan yang dimasukkan oleh paslon nomor urut 2 yang oleh Panwas Banggai sampai saat ini belum ada proses tindak lanjutnya.

“Terus yang berikutnya terkait dengan pernyataan ketua Panwas Banggai yang menyatakan di media bahwa kejadian di TPS 9 dengan 10 itu tidak memenuhi unsur yang menurut pelapor itu belum diplenokan oleh teman-teman di Panwas Banggai,” ujarnya.

“Kemudian yang terakhir bahwa ada juga laporan daripada nomor 2 itu terkait dengan laporan di salah satu kecamatan di Bunta itu yang Panwas Kecamatan Bunta itu menghilangkan dokumen laporan yang mereka masukkan,” jelas dia.

Jika nantinya ditemui ada indikasi pelanggaran dan tanpa argumen yang kuat yang dibangun oleh Panwas Banggai untuk mengklarifikasi pelanggaran itu, kata Zaidul Bahri, pihaknya akan menindaklanjuti ke Bawaslu RI.

“Nanti tergantung Bawaslu RI, seperti apa sikap mereka, karena mereka yang menerima langsung laporan itu dan meminta kami sebagai bawahan untuk menindaklanjuti,” katanya.

“Oleh Bawaslu RI kan memerintahkan kita untuk memeriksa teman-teman di Kabupaten Banggai sehingga kita mengundang mereka ke sini terkait dengan empat hal yang kita akan dalami, Jadi empat poin itu yang kita dalami hari ini,” jelasnya.

Hingga sekitar pukul 22.00 Wita, proses pemeriksaan masih berlangsung. Sementara belum ada pernyataan dari Ketua Panwas Banggai yang masih menjalani pemeriksaan tertutup.

Diketahui, di pilkada Banggai pasangan Herwin Yatim- Mustar Labolo meraih suara terbanyak. Namun, KPU setempat belum menetapkan pasangan tersebut sebagai pemenang karena adanya gugatan ke MK yang diajukan oleh dua pasangan calon sekaligus yakni pasangan Sofhian Mile- Sukri Djalumang serta opasangan Ma'mun Amir- Batia Sisilia Hadjar.


Editor : Syamsu Rizal

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.