Monday, 23 July, 2018 - 08:16

Bawaslu Sulteng Evaluasi Pilkada Dua Kabupaten

Acara pembukaan rapat evaluasi hasil pengawasan pilkada serentak. (Foto : Surahmanto Sukirman/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulawesi Tengah melaksanakan rapat koordinasi evaluasi hasil pengawasan pilkada serentak Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Banggai Kepulauan dan Buol, Kamis, 27 April 2017.

Ketua Bawaslu Sulteng Asrifai mengungkapkan rapat evaluasi tersebut menandakan seluruh rangkaian kegiatan dan tahapan pemilihan Kepala Daerah secara serentak telah selesai dilaksanakan.

“Melalui rapat evaluasi ini, kita akan melihat tugas, fungsi dan wewenang Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) yang terlaksana sesuai harapan kita bersama, baik keinginan Bawaslu Sulteng, maupun masyarakat,” katanya.

“Rapat evaluasi ini akan menjadi bahan perencanaan kedepan dalam mengambil langkah-langkah pengawasan untuk menghadapi Pilkada gelombang ketiga. Karena kedepan, akan ada pelaksanaan pilkada di tiga kabupaten,” sambungnya.

Kata dia, rapat evaluasi tersebut akan diselenggarakan selama tiga hari di kantor Bawaslu Sulteng.

“Nanti akan ada pemaparan beberapa materi dari narasumber dari Bawaslu Republik Indonesia. Narasumber itu akan membawakan materi evaluasi kebijakan  pelaksana pilkada. Ada juga pemateri dari Bawaslu Provinsi, yang akan membahas tentang evaluasi  pengawasan di kedua kabupaten itu,” katanya.

“Rencananya juga akan ada materi tentang problematika hukum pada penyelenggaraan pemilu. Yang terpenting, kami juga mengadakan materi evaluasi tentang kesekretariatan, yang akan membahas persoalan evaluasi kesekretariatan selama pelaksanaan pilkada berlangsung,” sambungnya.

Asrifai mengungkapkan akademisi juga akan dilibatkan sebagai pemateri dalam acara tersebut.

“Agar penilaian objektif, maka kami akan menghadirkan pihak akademisi untuk menilai kinerja yang dilakukan oleh pengawas,” katanya.

“Pada akhir kegiatan, kami akan memberikan ruang kepada Panwaslih dari kedua kabupaten, agar mereka memaparkan seluruh rangkaian kegiatan selama Pilkada berlangsung,” sambungnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia rapat evaluasi Ridwan Kasim mengungkapkan rapat evaluasi ini menjadi penting karena banyaknya persoalan Panwaslih saat menjalankan tugas, fungsi dan wewenangnya dalam menyelenggarakan pengawasan pilkada di dua kabuoaten tersebut.

“Ada banyak kendala Panwaslih dalam melaksanakan proses Pilkada yang berlangsung, Sehingga penting kiranya melakukan refleksi serta evaluasi untuk mengetahui persoalan dan tindakan yang diambil untuk menyelesaikan persoalan itu selama pelaksanaan tahapan pilkada berlangsung,” katanya.


Editor : M Yusuf BJ