Saturday, 25 November, 2017 - 11:35

Be Happy, Be Healthy: Sehat Total dengan Emotional Wellness Baik

Palu, Metrosulawesi.com - Kondisi sehat sesungguhnya tidak hanya dinilai dari fisik yang terlihat, yaitu tubuh yang bugar dan tidak merasakan sakit di bagian tubuh tertentu. Kondisi sehat juga dinilai dari yang tak terlihat, yaitu kondisi bagian dalam tubuh, yang dapat diketahui dengan melakukan pemeriksaan laboratorium. Ketika kondisi luar dan dalam tubuh kita dinilai baik, maka bisa disimpulkan kita berada dalam kondisi sehat.

Tapi apakah kondisi tersebut sehat seutuhnya? Terkadang kita tidak menyadari bahwa ternyata terdapat faktor lain yang dapat memengaruhi kondisi kesehatan kita dan dapat memberikan dampak negatif bagi kondisi kesehatan. Faktor lain tersebut adalah emotional factor.

Sehat seutuhnya kadang dikaitkan dengan kondisi yang dinamakan wellness, di mana setiap orang dinilai sehat dari berbagai aspek, termasuk dalam kondisi emosional. Kondisi emosional yang dimaksud bukan hanya sekedar kondisi di mana seseorang mudah marah dan berapi-api dalam menanggapi suatu hal. Kondisi emosional dalam hal ini adalah kondisi perasaan yang kita alami. Rasa stres, tidak mampu mengelola amarah, mudah tersinggung atau baper (terbawa perasaan), berpikir negatif, benci atau dengki, dan lain-lain. Tanpa kita sadari hal ini mampu memberikan dampak terhadap kondisi kesehatan kita.

Misalnya saja pada ketika kita dalam kondisi sehat, tanpa kita sadari kita merasa stres dengan pekerjaan yang menumpuk, kemacetan jalanan yang terus kita hadapi setiap hari ketika berangkat bekerja. Ataupun ketika kita terlalu banyak memikirkan hal-hal dari sisi negatif, padahal masih ada cara untuk bisa memandangnya dari sisi positif.

Pernahkan kita mengalaminya? Ketika sedang sakit dan pergi ke dokter, ternyata dokter menyatakan kita mengidap suatu penyakit berbahaya, meski baru tahap awal, sisi emosional kita akhirnya merasa penyakit ini tidak dapat disembuhkan dan kita kehilangan harapan. Padahal, jika kita menanggapinya dengan pikiran positif dan optimis, juga tidak terlalu stress, kita bisa melewatinya dengan tenang, kita pasti dapat melakukan terapi dengan baik, sehingga penyakit yang tadinya mungkin bisa beranjak ke tahap berbahaya dapat diatasi sejak dini sehingga risiko berbahaya bisa terhindari.

Oleh karena itulah, mengapa pengelolaan sisi emosional juga diperlukan dalam diri seseorang untuk mencapai sehat seutuhnya. Jika kita yang dalam kondisi yang sehat dan dengan emosional yang terkontrol dengan baik, pastilah aura positif akan mengalir di dalam diri kita.

Tips mencapai emotional wellness yang baik:
 Memiliki rasa optimis.
 Sering menghabiskan waktu bersama keluarga dan kerabat dekat. Saling bertukar pikiran, bersenang-senang bersama atau melakukan kegiatan positif lainnya.
 Aktif berorganisasi.
 Membaca referensi buku motivasi untuk membangkitkan motivasi di dalam diri.
 Mengelola waktu dengan baik.
 Mengelola stress dengan baik.
 Sesekali mengikuti wellness forum.
 Tersenyumlah 20 kali setiap harinya atau lakukan sebanyak yang dapat kita lakukan.

Dalam rangka Hari Kesehatan Nasional, Laboratorium Klinik Prodia mengajak seluruh masyarakat untuk mencapai emotional wellness yang baik agar tetap dalam kondisi sehat seutuhnya dengan memberikan keringanan biaya pemeriksaan 20% selama 1 – 3 November 2017. Jaga kondisi emosional kita dan lengkapi dengan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Karena sehat itu membahagiakan, dan bahagia membuat kita sehat.

Informasi lebih lanjut kunjungi www.prodia.co.id atau hubungi Prodia Palu Jl. S. Parman No. 16, Palu (0451-451639 atau 0822 9167 2222). (Adv)

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.