Tuesday, 24 January, 2017 - 15:24

Belajar dari Indonesia, Vietnam Jadi Produsen Kopi Terbesar Kedua Dunia

Penyajian kopi tradisional Vietnam. Foto: Ist

**Jakarta, Metrosulawesi.com - Vietnam kini menjadi produsen kopi terbesar kedua dunia setelah Brazil. Padahal tahun 1970, Vietnam belajar pengembangan tanaman kopi dari Indonesia.

Indonesia pernah merasakan masa kejayaan sebagai produsen kopi terbesar kedua dunia pada tahun 1990-an. Posisi tersebut digeser oleh Vietnam membuat Indonesia anjlok ke peringkat empat.

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan), Dedi Junaedi, mengatakan produktivitas kebun kopi Vietnam yang tinggi jadi kunci negara Komunis tersebut menggeser posisi Indonesia. Meski secara luasan lahan keduanya tak jauh berbeda.

"Vietnam ini sekarang jadi ketuanya di ASEAN. Dulu mereka belajar dari kita, sekarang kita yang belajar ke mereka. Kemarin petani Sumatera Selatan belajar kopi ke Vietnam. Mereka produktivitas satu hektar 3 ton. Sekarang terbalik, kita yang harus belajar ke mereka," kata Dedi di kantor Kementan, Jakarta, Jumat (6/1/2017), seperti dikutip dari detik.

Pada tahun 2015, Kemtan mencatat produksi kopi Indonesia sebesar 639.412 ton. Namun, tahun 2016, Kemtan memperkirakan produksi kopi turun 0,01% menjadi 639,305 ton.

Penurunan produksi ini disebabkan cuaca kemarau basah yang terjadi pada tahun 2016 sehingga menyebabkan produktivitas kopi tidak maksimal.(*)

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.

Bintang Delapan