Sunday, 23 July, 2017 - 06:51

Belasan Ribu Pendaftar SBMPTN Untad Berebut 6.250 Kursi

KETERANGAN PERS - Sekretaris Panlok SBMPTN Untad Rudy Gosal (tengah) didampingi Koordinator Humas SBMPTN Darsikin (kiri) dan Tim Humas Untad Akhmad Usmar (kanan) memberikan keterangan pers di Gedung Rektorat Untad, Kamis, 27 April 2017. (Foto : Michael Simanjuntak/ Metrosulawesi)

Pendaftaran Online Dibuka hingga 5 Mei

Palu, Metrosulawesi.com - Baru beberapa hari dibuka, pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 Universitas Tadulako (Untad) langsung diserbu pendaftar. Hingga saat ini sudah belasan ribu yang terdaftar. Mereka akan berebut 6.250 kursi yang disediakan universitas.

Sekretaris Panitia Lokal SBMPTN 2017 Untad Rudy Gosal mengungkapkan sejak pendaftaran SBMPTN Untad dibuka pada 11 April hingga 27 April 2017, jumlah pendaftar kini telah mencapai 19.000.

“Dari jumlah pendaftar sampai saat ini, 4.000 akan mengikuti SBMPTN Untad di Palu dan sisanya 15.000 di luar daerah yang memilih Untad,” ungkap Rudy kepada wartawan di Palu, Kamis, 27 April 2017.
 
Kata Rudy, dengan jadwal pendaftaran SBMPTN yang akan masih dibuka hingga 5 Mei mendatang, dipastikan jumlah pendaftar akan terus bertambah. Setelah pendaftaran ditutup, pelaksanaan ujian yang menggunakan dua sistem yaitu paper based testing (ujian tertulis) dan computer based testing (ujian berbasis komputer) dilangsungkan pada 16 Mei 2017.

“Karena sekarang masih ada kesempatan, silakan mendaftarkan diri melalui website www.sbmptn.ac.id. Bagi siswa yang telah mengikuti UNBK tinggal menunggu pengumuman juga boleh mendaftar. Nanti pada saat ujian test cukup membawa surat keterangan lulus dan pas foto,” katanya.

Untuk di Untad, lokasi pelaksanaan ujian dipusatkan di Gedung Media Center. Selain di Media Center, Untad akan menggunakan fasilitas SMAN 5 Palu, SMKN 5 Palu, SMPN 19 Palu dan SMKN 2 Palu (tahap rencana) untuk pelaksanaan ujian bagi peserta SBMPTN 2017.

Diterangkan Rudy, adapun total kuota penerimaan mahasiswa baru yang dimiliki Untad tahun ini 6.250 yang akan diterima melalui tiga jalur yaitu SNMPTN, SBMPTN dan SMMPTN. Khusus SBMPTN jatah yang disediakan sekitar 2.500 atau 40 persen dari total kuota 6.250. Sementara untuk jalur SNMPTN 1.748 mahasiswa baru telah dinyatakan lulus. Sisa kuota yang ada untuk jalur penerimaan yang terakhir yakni Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) atau lebih dikenal seleksi lokal.
 
Mengacu dari pengalaman tiga jalur seleksi sebelumnya terkait pihak-pihak yang memanfaatkan penerimaan mahasiswa baru, Rudy menegaskan agar para pendaftar jangan tergiur dengan iming-iming yang menjanjikan sesuatu.

Rudy mempersilakan semua pihak melapor apabila ada oknum tertentu, tidak terkecuali dari internal Untad yang menjanjikan kelulusan kepada peserta SBMPTN.

“Begitupula terkait warnet tertentu yang mengaku bekerjasama dengan Untad, itu tidak benar. Untad tidak ada bekerjasama dengan warnet dalam penerimaan mahasiswa baru. Silakan siswa atau masyarakat mendaftar dimanapun yang penting terkoneksi dengan jaringan internet,” tuturnya.

Koordinator Humas SBMPTN Untad Darsikin menambahkan dengan situasi Kota Palu saat ini yang tengah megalami pemadaman listrik diharapkan tidak menghambat pelaksanaan ujian SBMPTN.

“Kita berharap pemadaman listrik bisa segera teratasi agar tidak sampai menganggu ujian SBMPTN,” ucap Darsikin.


Editor : Udin Salim

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.