Saturday, 21 April, 2018 - 06:14

Belum Masa Kampanye, Bawaslu Segera Tertibkan APK

RAPAT - Anggota Bawaslu Sulawesi Tengah, Sutarmin, memberikan arahan dalam rapat penyamaan persepsi jajaran Panwas kabupaten/kota. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Dalam rangka penyamaan persepsi jajaran Panwas Kabupaten/Kota se Sulawesi Tengah, Bawaslu Sulteng gelar Rapat Kordinasi terkait pengawasan pra kampanye Pemilu 2019 di Ruang Rapat Kantor Bawaslu Sulteng, Senin 5 Maret 2018.

“Terkait maraknya Alat Peraga Kampanye (APK) yang terpasang belum pada waktunya, pihak Bawaslu segera melakukan tindakan langkah penertiban. Tentu saja membutuhkan sinergi dengan berbagai lembaga terkait,” kata Anggota Bawaslu Sulawesi Tengah, Sutarmin Ahmad, saat membuka rapat yang dihadiri oleh anggota KPU Sulteng, Nisbah dan Kabid Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Satuan Pamong Praja, Suwito SM.

Hal tersebut, senada dengan pernyataan Nisbah. Dalam kesempatan itu Nisbah menegaskan sudah harus menertibkan APK yang terpasang dibeberapa wilayah.

“Yang kita lakukan adalah melakukan kordinasi. Harus ada komitmen KPU, Bawaslu dan pihak yang terkait dengan tindakan dalam melakukan pembenahan pada APK sebelum masa kampanye dimulai,” pungkasnya.

Sehingga Bawaslu akan terus melakukan pencegahan dan pengawasan terhadap larangan berkampanye sebelum ditetapkan, serta penindakan terhadap praktik kampanye yang dilarang.

Kehadiran Pejabat Satpol PP dalam rakor tersebut juga sebagai ajang tanya jawab terkait realitas yang sedang dihadapi Panwas Kabupaten/Kota terhadap APK yang semakin marak terlihat di tempat-tempat umum.

Dalam pertemuan ini, selain membahas pengawasan terhadap APK, anggota Bawaslu Sulteng Zatriawati yang juga koordinator divisi SDM dan Organisasi juga membahas gambaran umum rencana pembentukan Panwaslu Kelurahan/Desa di 10 Kabupaten/Kota untuk Pemilu Tahun 2019.