Sunday, 23 September, 2018 - 12:25

BEM Sastra Unisa Diminta Buat Buku

Mas’amah Amin Syam. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Sastra Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu diminta  agar tahun ini memprogramkan pembuatan buku sebagai karya bersama civitas Fakultas Sastra Unisa Palu.

Demikian dikatakan Wakil Dekan Tiga Fakultas Sastra Unisa Palu, Mas’amah Amin Syam, belum lama ini, dihadapan pengurus BEM, HIMABSI dan Sanggar Seni Guru Tua saat melakukan rapat kerja bersama di salah satu cafe di Kota Palu.

Mengingat kata dia, sebagai Fakultas Sastra, seharusnya membuat buku ini sudah dapat dilakukan sejak lama oleh pengurus BEM, sekaligus sebagai bentuk pembudayaan literasi di tingkat kampus. 

“Masa kita orang sastra, tidak bisa menghasilkan buku sastra, seharusnya bisalah,” imbuhnya.

Selain itu kata Mas’amah, pengurus BEM juga diimbau membuat program kerja internal dan eksternal. Kata dia, program internal dapat dikolaborasikan dengan program kerja himpunan dan sanggar seni yang ada, sehingga BEM hanya fokus untuk merealisasikan program eksternal, agar fakultas tertua yang ada di Unisa Palu ini kembali dikenal oleh masyarakat luas.

“Kita butuh banyak kegiatan yang bersifat eksternal, agar masyarakat kita bisa kembali mengenal fakultas ini, sehingga kita mendorong BEM memperbanyak program eksternal, dan kegiatan internal mungkin diserahkan ke himpunan dan sanggar seni yang ada di fakultas,” jelasnya.

Olehnya itu kata Mas’amah, Fakultas Sastra dalam waktu dekat ini akan melakukan kegiatan di Kecamatan Banawa Selatan, Kabupaten Donggala, yakni penelitian dan sosialisasi. Ini adalah peluang bagi pengurus BEM untuk ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Mas’amah mengungkapkan, kegiatan ini tidak hanya melibatkan semester tinggi, melainkan juga melibatkan semester kecil, dimana semester tinggi ambil bagian dalam penelitian untuk menghasilkan makalah, sementara semester kecil ambil bagian sosialisasi di masyarakat memperkenalkan fakultas ini di masyarakat Banawa Selatan.

“Kita ambil Banawa Selatan, karena kebetulan camatnya alumni kita, sekaligus ini bagian dari pertemuan antar alumni, karena banyak alumni kita di sana,” katanya.

Dalam rapat itu, hadir Ketua BEM, Nur Laila, Ketua Himpunan, Azwar, Ketua SS Gimba, Fitriani, dan juga dihadiri Wadek 1,Wadek 2, Ketua Jurusan dan dosen senior. 

 

Editor: M Yusuf Bj

Tags: