Friday, 24 November, 2017 - 17:34

Besok, Gubernur Keluarkan Dua Nama Cawagub

DPW PAN Sulteng saat menyerahkan rekomendasi dua nama Cawagub kepada Gubernur Sulteng H Longki Djanggola di Ruang Kerja Gubernur di Gedung Siranindi I, Jalan Moh Hatta, Palu, Senin, 8 Mei 2017. (Foto : Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Gubernur H Longki Djanggola menerima dua nama calon wakil gubernur (Cawagub) yang direkomendasikan DPP PAN (Partai Amanat Nasional). Seiring dengan itu, Gubernur dijadwalkan akan segera mengumumkan dua nama Cawagub yang akan dipilih oleh anggota DPRD Sulteng.

Sekretaris DPW PAN Sulteng, Rusli Dg Palabi mengatakan, pada Rabu 10 Mei 2017, Gubernur akan mengeluarkan dua nama Cawagub dalam bentuk berita acara, yang nantinya bakal ditandatangani para pimpinan partai koalisi pengusung yaitu Gerindra, PAN, PKB dan PBB.

“Tadi pagi (kemarin,red) saya sudah menyerahkan surat rekomendasi dari DPP PAN ke pak gubernur. Pak gubernur tadi sampaikan, insya Allah kalau bukan hari Rabu lusa atau Kamis akan mengeluarkan berita acara dua nama Cawagub untuk ditandatangani empat partai pengusung,” ungkap Rusli saat ditemui di ruangannya usai menyerahkan surat rekomendasi DPP PAN terkait dua nama Cawagub Sulteng kepada Longki di Ruang Kerja Gubernur di Gedung Siranindi I, Jalan Moh Hatta, Palu, Senin, 8 Mei 2017.

Kata Rusli, pihaknya berharap dua nama yang akan dikeluarkan gubernur bisa mengakomodir rekomendasi Cawagub yang diusung partainya. Bahkan Rusli mengancam  tidak akan membubuhkan tandatangan apabila dua nama dalam berita acara tidak representasi rekomendasi partainya.

“Makanya sebelum menandatangani berita acara yang dikeluarkan pak gubernur harus kami lihat dulu nama siapa yang ada di dalam isi berita acara,” katanya.

Hal ini dikatakan Rusli sesuai amanat rekomendasi partainya bahwa kader PAN di Sulteng harus memperjuangkan nama yang telah diusulkan sebagai Cawagub. Kata Rusli, dalam surat persetujuan DPP PAN bernomor PAN/A/KU-SJ/034/III/2017 tertanggal 31 Maret 2017 menetapkan Oskar R Paudi dan Mohammad Hidayat Lamakarate sebagai Calon Wagub Sulteng.

“Komitmen partai sampai saat ini tidak akan legowo apabila nama yang kami rekomendasikan tidak dianulir sebagai Cawagub,” tandas Rusli.

Seperti diketahui, sebelumnya partai pengusung telah menetapkan Staf Ahli Gubernur Mohammad Hidayat Lamakarate dan Zainal Daud fungsionaris Partai Kebangkitan Bangsa sebagai Cawagub. Maka dengan munculnya nama Oskar R Paudi yang merupakan Ketua DPW PAN Sulteng, Cawagub kini diperebutkan tiga nama.

Merujuk dari UU Nomor 10 Tahun 2015 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi UU, maka partai politik atau gabungan partai politik pengusung mengusulkan dua nama sebagai Cawagub Sulteng. Dengan demikian, dipastikan satu dari tiga nama yang telah ada akan tergusur sebagaimana amanat UU.


Editor : Udin Salim

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.